Sukses


Anak-Anak Muda yang Menonjol pada Pekan 20 BRI Liga 1 2023 / 2024: Daffa Salman, Kunci Kebangkitan PSM

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 menghadirkan pro dan kontra di awal musim. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, mengatur ulang regulasi terkait pemain.

Di musim ini, setiap klub BRI Liga 1 berhak mendaftarkan dan memainkan enam pemain asing sekaligus. Meningkat tajam dari musim sebelumnya yang hanya mensyaratkan empat ekspatriat.

Tak hanya itu, PT LIB juga mewajibkan penggunaan pemain muda di bawah usia 23 tahun untuk masuk sebagai starter. Mereka harus dimainkan minimal selama 45 menit.

Walau sempat jadi bahasan, pada akhirnya keputusan ini patut mendapatkan apresiasi. Tak hanya mutu kompetisi yang meningkat, sejumlah pemain muda ikut merekah.

Pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2023/2024, setidaknya ada empat pemuda yang berkontribusi besar atas kesuksesan timnya. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Rifky Dwi Septiawan (Persita Tangerang)

Kebangkitan Persita Tangerang ditandai dengan munculnya sosok Rifky Dwi Septiawan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu lagi-lagi memberikan berkontribusi besar.

Saat menghadapi RANS Nusantara FC (23/11/2023), pria berusia 21 tahun itu berhasil memecah kebuntuan timnya. Ia mampu memanfaatkan kemelut di muka gawang.

Pada akhirnya, Persita mampu menambah dua gol lain lewat penalti Javlon Guseynov dan sundulan Ezequiel Vidal. Kemenangan ini jadi yang pertama dalam empat laga terkini.

 

3 dari 6 halaman

Daffa Salman (PSM Makassar)

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares sepertinya telah menemukan kepingan terakhir lini pertahanan. Daffa Salman mampu jadi partner ideal bagi Yuran Fernandes dan Safrudin Tahar.

Ketenangannya dalam mencegah serangan lawan jadi modal besar. Caranya mengatasi tekanan terlihat matang walau usianya baru menginjak 21 tahun.

Umpan silangnya membantu Victor Mansaray mengemas gol beruntun dalam tiga laga terakhir. Sekaligus membawa PSM naik ke posisi 10.

 

4 dari 6 halaman

Hokky Caraka (PSS Sleman)

Nama lainnya yang tampil moncer di pekan ke-20 BRI Liga 1 2023/24 adalah Hokky Caraka. Penyerang muda PSS Sleman itu belum berhenti mencetak gol.

Aksi pemain berusia 19 tahun itu terus mengundang decak kagum. Di usianya sekarang, ia berhasil menyingkirkan pemain asing macam Yevhen Bokhashvili.

Satu golnya di pertandingan kontra Barito Putera (26/11/2023), cukup membawa PSS menang 2-1 dan memutus rentetan 10 laga tanpa kemenangan.

 

5 dari 6 halaman

M. Ragil (Bhayangkara FC)

Persija Jakarta terpaksa kehilangan tiga angka sempurna dari Bhayangkara FC tepat di menit akhir pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (27/11/2023).

Pemain pengganti M. Ragil mampu merusak pesta ulang tahun Macan Kemayoran. Aksinya di masa injury time berhasil memaksa skor menjadi 2-2.

Penyerang berusia 18 tahun itu jelas telah melebihi ekspektasi siapapun. Menit bermain yang lebih rutin akan membantu mempertahankan ketajamannya di muka gawang.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer