Sukses


5 Eks Pesepak Bola Top Eropa yang Pernah Berkarier di Indonesia, Teranyar Radja Nainggolan di Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Bhayangkara FC bikin gempar. Tim berjulukan The Guardian itu dilaporkan telah resmi merekrut Radja Nainggolan.

Hingga berita ini turun belum diketahui berapa durasi Radja Nainggolan bersama Bhayangkara FC. Namun rumornya pemain Belgia keturunan Indonesia itu akan berseragam The Guardian hingga akhir musim 2023/2024.

Radja Nainggolan sebelumnya berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama SPAL tuntas. Ia kemudian diutus menjadi duta Piala Dunia U-17 2023.

Keberadaannya di Indonesia tampaknya dimanfaatkan oleh Bhayangkara FC untuk mengamankan tanda tangannya.

Radja Nainggolan jadi rekrutan anyar Bhayangkara FC ke sekian setelah Witan Sulaeman yang datang sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta.

Sosok Radja Nainggolan yang pernah melanglangbuana di Eropa bukanlah nama tenar pertama di Liga Indonesia. Berikut ini Bola.com mengulas lima pesepak bola top Eropa yang pernah berkarier di Indonesia.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Julian Faubert

Berstatus eks bek sayap Real Madrid dan West Ham, Julian Faubert pernah menjadi pemain andalan Borneo FC pada Liga 1 2018.

Menariknya, saat berseragam Borneo FC, pria asal Prancis ini sering dimainkan di posisi yang lebih ofensif alias menyerang.

Sayang, kariernya di Indonesia tidak lama. Ia hanya bertahan selama satu musim di Liga 1.

 

3 dari 7 halaman

Michael Essien

Pemain top berikutnya yang pernah bermain di Indonesia adalah Michael Essien. Ikon Chelsea dan Real Madrid ini singgah di Bandung bersama Persib.

Essien tampak menikmati kariernya di Indonesia. Di luar lapangan ia sangat ramah, tetapi jika sudah di lapangan ia selalu memberikan 100 persen.

 

4 dari 7 halaman

Didier Zokora

Zokora jadi pemain asal Afrika lainnya setelah Essien yang pernah bermain di Liga Indonesia. Meski namanya tak setenar Essien, Zokora punya pengalaman mentereng.

Mantan pemain Timnas Pantai Gading ini tampil di tiga Piala Dunia beruntun, yakni pada 2006, 2010, dan 2014. Di Liga Indonesia, ia membela Semen Padang.

 

5 dari 7 halaman

Peter Odemwingie

Pemain top Eropa lainnya yang pernah merasakan rumput Indonesia adalah Peter Odemwingie. Eks striker Nigeria ini pernah bermain di Lille hingga Stoke City.

Ketika memutuskan untuk berlabuh di Indonesia, tepatnya berseragam Madura United, Odemwingie langsung jadi idola bagi K-Chong Mania menyusul koleksi 15 gol dari 22 penampilannya pada musim pertamanya di Liga 1 2017.

 

6 dari 7 halaman

Carlton Cole

Mantan pemain Chelsea, West Ham, dan Timnas Inggris, Carlton Cole, jadi pemain top berikutnya yang pernah berkarier di Liga Indonesia.

Saat itu ia bermain dengan Essien di Persib Bandung. Meski tak banyak bermain, keberadaan Cole tetap tercatat sebagai perjalanan sejarah penting Maung Bandung di sepak bola Indonesia.

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer