Sukses


5 Fakta Menarik RANS Nusantara Vs Persebaya di BRI Liga 1: Lupa Rasanya Menang

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya kembali gagal meraih kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Teranyar, Bajul Ijo bermain imbang 0-0 kontra RANS dalam pekan ke-21 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (1/12/2023).

Secara permainan, Persebaya masih belum bisa menunjukkan agresivitas yang apik dalam membangun serangan. Di awal babak pertama, RANS malah mendominasi dengan terus memberi tekanan.

Saat memegang bola, para pemain Persebaya juga dengan mudah kehilangan bola. Beberapa kesempatan emas lewat serangan balik juga gagal dikonversi menjadi gol. Kolaborasi permainan tampak belum rapi.

Hasil ini tak mengubah posisi Persebaya di klasemen sementara, tetapi di peringkat ke-14. Bajul Ijo tercatat mengoleksi 23 poin dalam 19 pertandingan. Sedangkan RANS masih di posisi kelima dengan 32 poin dari 21 laga.

Duel ini telah melahirkan lima fakta menarik yang mengiringi RANS maupun Persebaya. Simak ulasan Bola.com berikut ini:

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

6 Laga Tanpa Kemenangan

Hasil ini memperpanjang episode Persebaya yang tidak akrab dengan kemenangan. Sebelumnya, tim asal Kota Pahlawan itu menelan empat kekalahan melawan Persib Bandung, Bali United, Persik Kediri, dan Barito Putera.

Sebelum empat kekalahan beruntun itu, Persebaya sempat bermain imbang 1-1 kontra Dewa United. Artinya, Bajul Ijo sudah melewati enam laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya dua seri dan empat kalah.

Persebaya terakhir memetik kemenangan terjadi saat mampu unggul 3-1 kontra Arema FC pada 23 September 2023. Artinya, sudah dua bulan berlangsung bagi Reva Adi Utama tidak mendapat tiga poin.

 

3 dari 6 halaman

Tuan Rumah 5 Laga

Tak hanya Persebaya, RANS juga sudah lupa rasanya menang. Tercatat, mereka telah melewati lima laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya adalah tiga seri dan dua kalah.

Sebelum menghadapi Persebaya, RANS lebih dulu mendapat dua hasil seri melawan PSM Makassar dan Bhayangkara FC dengan skor identik 1-1. Mereka kemudian kalah 1-2 kontra Persikabo 1973 dan 0-3 melawan Persita Tangerang.

 

4 dari 6 halaman

Clean Sheet Pertama setelah 3 Bulan

Persebaya sudah lama tidak membukukan clean sheet alias nirbobol. Bahkan, mereka tercatat sudah melewati delapan laga terakhir dan selalu kebobolan.

Ini juga jadi kali pertama Persebaya membukukan clean sheet setelah terakhir menorehkannya saat bermain imbang 0-0 kontra PSS Sleman lebih dari tiga bulan silam (26/8/2023). Kebetulan, di laga itu Persebaya juga tak menang.

 

5 dari 6 halaman

Debut Pemain Asing

Persebaya melakukan perombakan pemain asing di putaran kedua dengan melepas Sho Yamamoto, Paulo Victor, dan Ze Valente. Sebagai pengganti, mereka merekrut Yan Victor, Paulo Henrique, dan Robson Duarte.

Hasilnya, tiga pemain asing itu tidak tampil istimewa. Beberapa kali Henrique gagal memanfaatkan peluang. Pun demikian dengan Robson yang kurang bermain padu. Yan Victor di lini belakang juga tampil biasa saja.

 

6 dari 6 halaman

Tak Pernah Menang Lawan RANS

Selama belum menang dalam enam laga terakhir, Persebaya juga menunjukkan hasil inferior melawan RANS. Bajul Ijo tercatat belum pernah menang saat berhadapan dengan RANS Nusantara.

Kedua tim berjumpa sejak musim lalu dan total kini bertemu sebanyak empat laga. Pertemuan pertama malah berakhir kekalahan 1-2 bagi Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 15 September 2023, yang melahirkan kerusuhan suporter.

Berikutnya, tiga pertemuan berakhir dengan hasil seri, sekali musim lalu dan dua kali musim ini. Hasil seri ini menegaskan RANS sebagai klub yang belum pernah ditaklukkan oleh Persebaya.

Video Populer

Foto Populer