Sukses


BRI Liga 1: Persib Tanpa Pilar Andalan di Pertahanan, Pelatih PSM Tak Merasa Ada Keuntungan

Bola.com, Bandung - Lini pertahanan Persib Bandung tetap akan kuat meski kehilangan bek andalannya, Albeto Rodriguez, ketika menjamu PSM Makassar pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2023/2024, Senin (4/12/2023) malam.

Bek asing Persib Bandung asal Spanyol itu harus absen dalam pertandingan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) karena hukuman akumulasi kartu yang harus dijalaninya.

Namun, absennya Alberto Rodriguez tidak dianggap sebagai sebuah keuntungan bagi PSM Makassar yang datang sebagai tim tamu dalam pertandingan kali ini.

"Saya merasa bukan sebuah keuntungan bagi kami, karena mereka masih ada pemain lain dan Persib tentunya memiliki skuad yang bagus. Masih ada pemain lain yang bisa mengisi tempat tersebut," ujar Bernardo Tavares.

"Jadi tentunya mereka akan tetap mengerahkan yang terbaik. Terkadang justru lebih bagus ketika pemain lain yang akan mengisi posisi tersebut, karena motivasi dan konsentrasinya bisa lebih tinggi," lanjut pelatih PSM Makassar itu.

 

2 dari 5 halaman

Malah Menguntungkan Persib

Menurut Bernardo Tavares, Persib Bandung justru lebih diuntungkan dengan absennya Alberto Rodriguez. Keuntungan itu adalah PSM yang menjadi lawan tidak memiliki cukup banyak informasi mengenai penggantinya.

"Jadi saya tidak melihat itu sebagai keuntungan bagi kami," ujar Tavares.

"Tentunya kami bisa menganalisis kenapa Persib bisa sampai tidak terkalahkan dalam beberapa pertandingan, karena mereka merupakan tim dengan barisan depan terbaik dan barisan pertahanan terbaik juga," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan Positif

Pelatih PSM Makassar asal Portugal ini tidak mau terlena dengan raihan positif yang diraih timnya dalam tiga pertemuan terakhir saat menghadapi Persib Bandung.

Apalagi tim asuhan Bojan Hodak itu dalam performa yang bagus dalam beberapa laga terakhir.

"Apa yang terjadi, sudah berlalu. PSM memang mengalahkan Persib tiga kali, tetapi itu sudah lewat. Terpenting adalah saat ini dan saat yang akan datang," ujar Tavares.

"Pertandingan nanti adalah laga yang sepenuhnya berbeda. Kami juga tidak boleh lupa kalau di musim ini Persib sudah mendatangkan pemain yang sangat bagus, pemain yang mahal."

"Saya bisa memberikan contoh. Saat ini kami mendatangkan dua pemain dari kompetisi kasta ketiga Portugal, sementara Persib mendatangkan satu pemain dari kompetisi kasta pertama Portugal. Jadi senjata kami berbeda," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Optimistis

Tavares mengaku percaya diri dengan performa para pemain asuhannya. Ia berharap mereka semua bisa fokus sejak menit pertama hingga akhir dalam laga melawan Persib Bandung di GBLA itu.

"Kami tidak memikirkan apa yang sudah lewat dan hanya memikirkan apa yang terjadi sekarang. Apa yang sudah berlalu, ya itu sudah lewat dan kami harus membangun masa depan," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer