Sukses


Daftar Pemain Naturalisasi Era Erick Thohir: 3 Nama Diamankan, 3 Lainnya Menyusul

Bola.com, Jakarta - Erick Thohir menjabat sebagai ketua umum PSSI sejak Februari 2023. Menteri BUMN itu terpilih lewat mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) yang saat itu digelar di Jakarta.

Ada beberapa gebrakan yang dilakukan Erick Thohir selama di PSSI. Satu di antaranya adalah menggelar Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Juga menggelar laga uji coba antara Timnas Indonesia kontra Timnas Argentina.

Selain itu, Erick Thohir juga melanjutkan program yang sudah ada pada kepengurusan PSSI sebelumnya. Program yang dimaksud adalah naturalisasi pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Sejauh cukup banyak pemain keturunan yang dikaitkan dengan program naturalisasi PSSI. Namun, di era kepemimpinan Erick Thohir baru ada tiga pemain keturunan yang diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jumlah itu sangat mungkin untuk bertambah. Sebab, beberapa pemain lain juga sudah menjalani proses awal naturalisasi.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ivar Jenner

Ivar Jenner sebelumnya sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Awalnya, Jenner diproyeksikan untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Kita semua tahu, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia. Namun, proses naturalisasi Ivar Jenner tetap berlanjut.

Iver Jenner diambil sumpahnya menjadi WNI dalam prosesi pengambilan sumpah tertutup di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (22/5/2023).

Sejauh ini Ivar Jenner menjadi andalan di Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-23. Masa depannya di sepak bola Indonesia bisa dikatakan sangat cerah.

3 dari 5 halaman

Rafael Struick

Sama seperti Ivar Jenner, Rafael Struick awalnya juga diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.  Struick pun menjalankan sumpah WNI berbarengan dengan Ivar Jenner.

Rafael Struick kini sudah bisa menembus skuad senior Ado Den Haag. Penyerang berusia 19 tahun itu pun sudah mendapatkan caps di Timnas Indonesia senior.

Sosok satu ini sangat diharapkan di Timnas Indonesia. Sebab, sepak bola Indonesia merindukan sosok striker yang tajam.

4 dari 5 halaman

Justin Hubner

Justin Hubner menjadi nama terbaru yang diambil sumpahnya menjadi WNI. Prosesi pengambilan sumpah itu dilakukan di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Justin Hubner sebelumnya dikabarkan sempat menolak tawaran naturalisasi Indonesia. Hubner bahkan sempat membela Timnas Belanda U-20.

Namun, teka-teki masa depan Justin Hubner pun terjawab. Kini pemain Wolverhampton Wanderers itu sudah resmi menjadi WNI dan siap segera membela Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Segera Menyusul

Sejauh ini ada tiga pemain lain yang akan segera menyusul tiga pemain di atas. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On. Kemudian ada sosok Ragnar Oratmangoen.

Nama terakhir berposisi sebagai gelandang yang bahkan sudah mengunjungi Surabaya saat Piala Dunia U-17 2023.

Ketiganya tengah memasuki proses awal naturalisasi. Dalam beberapa bulan ke depan, ketiganya hampir dipastikan bisa menjadi WNI.

Video Populer

Foto Populer