Sukses


5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Paling Populer di Medsos: Ada yang Sampai Tembus 2 Juta Followers

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia memiliki popularitas yang terhitung tinggi di media sosial. Label sebagai pemain tim nasional ikut mendongkrak ketenaran para pesepak bola ini.

Para pemain yang berhasil tampil konsisten untuk menjadi langganan Timnas Indonesia memang akhirnya ikut mendapatkan berkah. Reputasi mereka melonjak hingga mendapatkan jutaan pengikut di media sosial.

Faktor lainnya yang ikut mempengaruhi popularitas ini ialah kiprah para pemain naturalisasi di kompetisi domestik. Sebab, ada tiga pemain yang punya performa impresif hingga mendapat kesempatan bermain bersama klub-klub elite di tanah air.

Setidaknya, ada lima pemain naturalisasi di Timnas Indonesia yang terhitung populer karena memiliki jumlah pengikut terbanyak di media sosial. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ezra Walian

Meskipun namanya sudah cukup lama absen dari skuad Timnas Indonesia, Ezra Walian tetap termasuk dalam kategori pemain naturalisasi yang paling populer di media sosial, terutama Instagram.

Pasalnya, jumlah pengikut di akun Instagram @ezrawalian mencapai 1,1 juta orang. Jumlah ini memang cukup masuk akal mengingat Ezra sudah mendapatkan status sebagai WNI sejak tahun 2017.

Tak hanya itu, dia juga sudah mulai berkarier di Indonesia sejak 2019. Setelah sempat bergabung bersama PSM Makassar, striker berusia 26 tahun itu kini bermain untuk Persib Bandung.

3 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Berikutnya, ada pemain keturunan Indonesia-Belanda yang sudah lama mendapatkan status WNI, yakni Stefano Lilipaly. Pemain berusia 33 tahun ini mulai memperoleh status ini pada medio 2013.

Akun Instagramnya juga memiliki banyak pengikut, yakni 1,1 juta orang. Jumlah ini cukup wajar mengingat usia karier Stefano Lilipaly di Indonesia yang sudah sangat lama. Di Indonesia, ia juga pernah bermain bersama sejumlah klub elite.

Bahkan, pemain kelahiran 10 Januari 1990 ini sempat mempersembahkan dua gelar juara Liga 1 secara back-to-back kepada Bali United, klub yang menggunakan jasanya dari periode 2017 hingga 2022.

4 dari 6 halaman

Rafael Struick

Jika dibandingkan nama-nama yang tercantum dalam daftar ini, munculnya Rafael Struick menjadi kejutan tersendiri. Sebab, pemain asal ADO Den Haag itu masih belum lama menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Namun, popularitasnya sukses melejit di Indonesia. Sejauh ini, akun Instagram-nya sudah diikuti sebanyak 1,2 juta orang. Artinya, Rafael menjadi pemain naturalisasi dengan jumlah pengikut terbanyak ketiga di Timnas Indonesia.

Dia bahkan meninggalkan jauh rekan seangkatannya, Ivar Jenner, yang hanya memiliki sekitar 559 ribu pengikut di Instagram.

5 dari 6 halaman

Elkan Baggott

Selanjutnya, pemain yang menduduki urutan kedua dalam kategori penggawa naturalisasi paling populer di media sosial ialah Elkan Baggott. Bek berusia 21 tahun ini sudah mengantongi 1,6 juta pengikut di Instagram.

Elkan Baggott memang menjadi sosok pemain yang cukup diidolakan di kalangan pecinta Timnas Indonesia, terutama ketika sudah mulai mendapatkan status WNI pada 2020 bersama Timnas Indonesia U-20.

Pemain kelahiran Bangkok yang kini berkarier bersama Ipswich Town ini kariernya masih terhitung panjang. Dia jelas diharapkan bisa menjadi bek andalan skuad Merah Putih selama beberapa tahun ke depan.

6 dari 6 halaman

Marc Klok

Marc Klok menjadi pemain naturalisasi yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di media sosial. Namanya memang sudah populer jauh sebelum menjalani proses naturalisasi menjadi WNI.

Pasalnya, kariernya di Indonesia sudah merentang sejak tahun 2017, tepatnya ketika bergabung bersama PSM Makassar. Setelah itu, dia bermain untuk dua klub elite Indonesia, yakni Persija Jakarta (2020-2021) dan Persib Bandung (2021 sampai sekarang).

Adapun debutnya bersama skuad Garuda sudah diukir sejak pertengahan 2022. Pemain yang telah mengoleksi 18 caps bersama Timnas Indonesia itu punya dua juta pengikut di Instagram.

Video Populer

Foto Populer