Sukses


Daftar Antrean Naturalisasi untuk Timnas Indonesia: Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Segera Disumpah, Ragnar Oratmangoen Tahun Depan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapatkan kekuatan baru setelah Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, masih ada beberapa pemain lainnya yang masuk daftar antre dari program naturalisasi yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong.

Selain Justin Hubner, Komisi X DPR RI juga mengabulkan permohonan naturalisasi untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Keduanya kini tinggal menunggu pengambilan sumpah untuk menjadi WNI.

Selain itu ada pula Ragnar Oratmangoen yang siap berganti kewarganegaraan menjadi WNI. Namun, prosesnya akan dimulai pada 2024.

"Prosesnya masih belum siap seperti dua atlet ini. Jadi, sementara baru Jay dan Nathan. Mungkin Ragnar kita proyeksi di tahun depan," kata Menpora Dito Ariotedjo.

Lantas, siapa sebenarnya para pemain yang akan mengikuti jejak Justin Hubner menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa membela Timnas Indonesia? Berikut ini penjelasannya.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jay Idzes

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Jay Idzes diketahui memiliki darah Indonesia dari Kakek dan Neneknya yang berasal dari Jakarta.

Alasan itulah yang membuat Jay Idzes boleh dinaturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Apalagi Jay Idzes merupakan pemain yang berperan sebagai bek tengah.

Jay Idzes diketahui pernah menimba ilmu di akademi Mifano, PSV Eindhoven, VVV-Venio, hingga FC Eindhoven. Kemudian Jay Idzes bergabung dengan Go Ahead Eagles pada 2020 dan pada 2023 membela klub Italia, Venezia.

3 dari 4 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain yang saat ini membela Swansea City. Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001 dan memiliki darah Indoensia dari sang kakek.

Apabila melihat rekam jejaknya, Nathan merupakan salah satu prospek menarik untuk Timnas Indonesia. Sang pemain berperan sebagai bek.

Namun, sampai saat ini Nathan belum mendapatkan kesempatan bermain untuk Swansea City. Meski demikian, kesempatan bakal datang karena sang pemain punya kualitas mumpuni untuk bersaing.

4 dari 4 halaman

Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain berkualitas yang siap membela Timnas Indosia pada masa depan. Saat ini, Ragnar Oratmangoen bermain untuk Fortuna Sittard, klub yang mentas di kasta tertinggi Liga Belanda.

Pemain yang posisi naturalnya sebagai winger kiri ini memang punya kemampuan multi-posisi. Ragnar Oratmangoen juga bisa diplot sebagai gelandang serang maupun gelandang tengah andai kebutuhannya mendesak.

Secara pengalaman, Ragnar punya jam terbang yang menarik di kasta tertinggi Liga Belanda. Selama dua musim terakhir, dia aktif bermain di Eredivisie, baik itu bersama Go Ahead Eagles maupun FC Groningen.

Video Populer

Foto Populer