Sukses


BRI Liga 1: Banyak Insiden Kerusuhan Suporter, Pelatih Persebaya Yakin Bonek Sudah Dewasa

Bola.com, Surabaya - Sepak bola Tanah Air sedang dihiasi dengan kerusuhan suporter. Terbaru, gesekan antarsuporter terjadi saat PSIS Semarang menjamu PSS Sleman di Stadion Jatidiri, Semarang, pada 3 Desember 2023 lalu.

Kondisi tersebut tidak membuat pelatih interim Persebaya Surabaya, Uston Nawawi, risau. Dia yakin suporter Persebaya, Bonek, bisa menjaga sikap dan menjalin hubungan yang baik dengan suporter lain.

Terdekat, tim Bajul Ijo dijadwalkan bakal menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (9/12/2023) sore WIB. Uston merasa tak perlu memberi imbauan kepada suporter Persebaya Surabaya tersebut.

"Saya pribadi bukannya mengimbau. Saya kira suporter sudah dewasa dengan kejadian kemarin di Semarang. Dengan beberapa kejadian sebelumnya," ungkap Uston, Jumat (8/12/2023).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kerap Menggelar Kegiatan Positif

Di Jawa Timur, kerusuhan sempat terjadi di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik. Insiden itu melibatkan Ultras Gresik dan pihak kepolisian setelah duel Gresik United melawan Deltras FC dalam lanjutan Liga 2 2023/2024 pada 19 November 2023 lalu.

Bonek dikenal sebagai kelompok suporter yang mampu menciptakan kegiatan positif. Suporter Persebaya Surabaya itu telah menjelma sebagai kelompok yang bergerak cepat melakukan kegiatan filantropi dengan penggalangan dana untuk suatu bencana.

Selain itu, kelompok suporter dengan warna kebesaran hijau itu juga berhasil menginisiasi sejumlah aksi perdamaian dengan kelompok suporter lain. Mereka berdamai dengan LA Mania (suporter Persela Lamongan), dan terbaru bersama The Jakmania (suporter Persija Jakarta).

"Saya yakin Bonek menjadi suporter yang semakin dewasa dan maju. Kita berharap pertandingan aman dan lancar. Yang terpenting kami mendapatkan tiga poin," imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Undang The Jakmania

Catatan sejarah menarik tercipta saat Persebaya menjamu Persija di Gresik pada musim lalu. Untuk kali pertama setelah bertahun-tahun, The Jakmania bisa bertandang ke laga kandang Persebaya.

Tidak hanya itu, musim ini Bonek juga bisa membuktikan kedewasaan mereka dengan memastikan keamanan tim Arema FC yang datang melawat ke Surabaya musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Arema Tak Diteror

Skuat Singo Edan datang ke datang ke Stadion GBT dengan naik bus, tidak naik kendaraan lapis baja seperti musim-musim sebelumnya, dan tanpa ada teror dari Bonek.

Duel melawan Persija dalam pekan ke-22 ini sendiri tidak bisa dihadiri oleh The Jakmania. Sebab, regulasi Liga 1 musim melarang kedatangan suporter tim tamu.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer