Sukses


Persebaya Vs Persis dalam Laga Tunda BRI Liga 1: Pertemuan 2 Tim Terpuruk

Bola.com, Surabaya - Dua tim yang sama-sama menduduki posisi papan bawah klasemen BRI Liga 1 2023/2024 bakal saling bersua. Persebaya Surabaya bakal menjamu Persis Solo dalam laga tunda pekan ke-18 BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/12/2023).

Dua tim itu memiliki catatan statistik yang sangat mirip. Mulai dari posisi di klasemen BRI Liga 1, Persebaya beada di peringkat ke-13, sedangkan Persis hanya satu strip di bawahnya. Keduanya juga sama-sama mengoleksi 24 poin.

Mereka berada di peringkat teraman paling bawah. Sebab, peringkat ke-16, yang kini diisi oleh dengan nyaman oleh Arema FC selama berbulan-bulan terakhir, sudah masuk ke zona degradasi.

Baik Persebaya maupun Persis juga sama-sama baru melakoni 20 pertandingan dan mempunyai dua laga tunda. Soal hasil laga juga sama persis. Mereka kompak mengemas enam menang, enam seri, dan delapan kalah.

Soal selisih gol agak berbeda. Persebaya punya margin minus sembilan dengan memasukkan 21 gol dan kebobolan 30. Persis lebih sedikit dengan hanya minus tiga gol hasil mencetak 28 gol dan kemasukan 31.

Akan tetapi, Persebaya tetap ditempatkan di posisi yang lebih atas meskipun poinnya sama. Sebab, Bajul Ijo berhasil menang 3-2 pada pekan pertama putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, 1 Juli 2023.

 
2 dari 4 halaman

Situasinya Mirip

Urusan mendulang angka Persebaya dan Persis juga sama-sama labil. Mereka belum pernah menemukan performa apik untuk secara konsisten meraih kemenangan dan mengoleksi poin di BRI Liga 1 musim ini.

Persis menelan kekalahan dalam dua laga terakhir saat melakoni partai tandang, masing-masing melawan Borneo FC dan Arema FC.

Dua tim lawan itu sebenarnya beda posisi, papan atas dan zona degradasi, tapi Laskar Sambernyawa tidak mengemas poin.

Persebaya malah lebih parah dengan telah melewati tujuh laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya tiga kali bermain imbang dan empat kalah.

Kali terakhir mereka menang terjadi saat unggul 3-2 atas Arema FC pada 23 September 2023 atau sudah dua setengah bulan lalu.

Persebaya saat ini pun masih ditangani oleh Uston Nawawi yang berstatus sebagai pelatih interim. Mereka sudah satu bulan menjalani aktivitas tanpa pelatih kepala.

Situasi Persis mengarah ke sana pula. Nasib pelatih Leonardo Medina juga di ujung tanduk akibat performa angin-anginan.

 

3 dari 4 halaman

Punya Kerja Sama

Menariknya, kedua tim ini sempat terlibat kerja sama untuk sama-sama mengembangkan klubnya. Mereka menggunakan jargon “Wani Sakjose” yang merupakan gabungan ungkapan khas masing-masing klub.

Tentu sudah seperti biasanya mereka akan menggelorakan ambisi bangkit ke jalur kemenangan. Namun, Persebaya dan Persis tampaknya masih dijauhkan dari hasil positif karena belum memiliki permainan yang apik.

Kalau hasilnya imbang lagi, Bajul Ijo dan Laskar Sambernyawa artinya punya masalah dalam menjalin keakraban dengan kemenangan. Jika masih tak bisa mendekati tiga poin juga, ancaman degradasi yang akan merapat.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer