Sukses


Prediksi BRI Liga 1, Persebaya Vs Persis: Wani Sakjose Berusaha Keluar dari Papan Bawah

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dan Persis Solo masih terjebak dengan status klub papan bawah di BRI Liga 1 2023/2024. Seperti biasa, mereka juga masih berjibaku pada ambisi bangkit dari keterpurukan.

Kini, dua tim papan bawah itu bakal bersua untuk melakoni laga tunda pekan ke-18 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/12/2023) malam.

Dua tim itu memiliki catatan statistik yang sangat mirip. Dimulai dari posisi di klasemen, Persebaya dan di peringkat ke-14, sedangkan Persis hanya satu strip di bawahnya. Keduanya juga sama-sama mengoleksi 24 poin.

Mereka berada di peringkat teraman paling bawah. Sebab, peringkat ke-16, yang kini diisi oleh dengan nyaman oleh Arema FC selama berbulan-bulan terakhir, sudah masuk ke zona degradasi.

Baik Persebaya maupun Persis juga sama-sama baru melakoni 20 pertandingan dan mempunyai dua laga tunda.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kompak Sama-sama Mengemas 6 Kemenangan, 6 Imbang, dan 8 Kalah

Soal hasil laga juga sama persis. Baik Persebaya dan Persis kompak mengemas enam menang, enam seri, dan delapan kalah.

"Kami siap dan berjuang untuk pertandingan besok. Kami tidak terpengaruh dengan kondisi Persis seperti apa," kata Uston Nawawi, pelatih interim Persebaya.

"Yang penting kami buktikan di lapangan. Situasi mereka mungkin tidak baik-baik saja, tapi itu bukan keuntungan buat kami," tambahnya. 

Soal selisih gol agak berbeda. Persebaya punya margin minus sembilan dengan memasukkan 21 gol dan kebobolan 30. Persis lebih sedikit dengan hanya minus tiga gol hasil mencetak 28 gol dan kemasukan 31.

Akan tetapi, Persebaya tetap ditempatkan di posisi yang lebih atas meskipun poinnya sama. Sebab, Bajul Ijo berhasil menang 3-2 pada pekan pertama putaran pertama yang digelar di Stadion Manahan, Solo, 1 Juli 2023.

"Kesiapan kami alhamdulillah semua pemain dalam kondisi fit. Kami fokus menang karena ini partai penting buat kami. Kalau menang, otomatis posisi kami akan naik," ujar Riswan Lauhin, bek Persebaya.

 

 

3 dari 6 halaman

Labil Mendulang Poin

Urusan mendulang angka Persebaya dan Persis juga sama-sama labil. Mereka belum pernah menemukan performa apik untuk secara konsisten meraih kemenangan dan mengoleksi poin.

Persis menelan kekalahan dalam dua laga terakhir saat melakoni partai tandang. Masing-masing melawan Borneo FC dan Arema FC.

Dua tim lawan itu sebenarnya beda posisi, papan atas dan zona degradasi, tapi Laskar Sambernyawa tidak mengemas poin.

Persebaya malah lebih parah dengan telah melewati tujuh laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya tiga seri dan empat kalah.

Kali terakhir mereka menang terjadi saat unggul 3-2 atas Arema FC pada 23 September 2023 atau sudah dua setengah bulan lalu.

 

 

4 dari 6 halaman

Sama-sama Ditangani Pelatih Interim

Persebaya saat ini pun masih ditangani oleh Uston Nawawi yang berstatus sebagai pelatih interim. Mereka sudah satu bulan menjalani aktivitas tanpa pelatih kepala.

Situasi Persis lagi-lagi sama persis dengan Persebaya. Nasib pelatih Leonardo Medina juga di ujung tanduk dan kini diistirahatkan dari jabatannya. Asisten pelatih Tithan Wulung ditunjuk sebagai caretaker.

"Kondisi kami sama seperti Persebaya. Kami hanya memiliki waktu yang singkat jelang pertandingan. Kami akan lebih fokus untuk berusaha meminimalisir kekurangan kita yang terjadi di pertandingan sebelumnya," ujar Tithan Wulung.

Menariknya, kedua tim ini sempat terlibat kerja sama untuk sama-sama mengembangkan klubnya. Mereka menggunakan jargon “Wani Sakjose” yang merupakan gabungan ungkapan khas masing-masing klub.

Tentu sudah seperti biasanya mereka akan menggelorakan ambisi bangkit ke jalur kemenangan. Jika masih tak bisa mendekati tiga poin juga, ancaman degradasi yang akan merapat.

"Kita akan menjadikannya hal tersebut sebagai tantangan. Pastinya tim lawan juga mengincar 3 poin di kandang dan kita akan fokus pada gaya permainan yang sudah diterapkan," ucap Rian Miziar, bek Persis.

5 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Kasim Botan, Yan Victor, Kadek Raditya, Mikael Tata (belakang); Andre Oktaviansyah, Song Ui-young, Robson Duarte (tengah); Oktafianus Fernando, Paulo Henrique, Bruno Moreira (depan)

Pelatih Interim: Uston Nawawi

Persis Solo (4-3-3): M. Riyandi (kiper); Gavin Kwan, Jaimerson Xavier, Diego Bardanca, Eky Taufik (belakang); Alexis Messidoro, Sutanto Tan, Moussa Sidibe (tengah); Sho Yamamoto, Ramadhan Sananta, Roni Gomez (depan)

Pelatih Interim: Tithan Wulung

  • Prediksi Bola.com: 50:50
  • Live: Indosiar dan vidio.com
  • Pukul: 18.00 WIB
  • Tempat: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

 

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer