Sukses


Bambang Pamungkas Puji Hasil Kerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Belum Saatnya Dia Diganti!

Bola.com, Jakarta Striker legendaris Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, melayangkan pujiannya untuk pekerjaan yang sudah dilakukan Shin Tae-yong selama menjabat sebagai juru taktik skuad Garuda.

Menurut Bambang Pamungkas, Shin Tae-yong sudah memberikan perubahan besar di skuad Timnas Indonesia. Kelolosan skuad Garuda Muda ke Piala Asia 2023 setelah 15 tahun absen menjadi salah satu buktinya. 

“Saya melihat perkembangan Timnas Indonesia cukup baik. Artinya setelah kita sekian lama tidak lolos Piala Asia, kini kita berhasil kembali lolos,” katanya dalam siniar bersama kanal YouTube Sport77.

“Walaupun memang di event-event level regional kita masih gagal. Namun, jika kita melihat gambaran yang lebih besar, menurut saya, Timnas Indonesia ini prosesnya sudah benar,” ia melanjutkan.

2 dari 4 halaman

Belum Saatnya Diganti

Lelaki yang akrab disapa Bepe itu kurang sepakat dengan pendapat sejumlah pihak yang menyebut bahwa Shin Tae-yong telah gagal dan sudah saatnya didepak dari kursi pelatih Timnas Indonesia.

“Makanya saya khawatir kalau ada suara-suara yang mengatakan bahwa Shin Tae-yong diganti saja. Jujur saja saya khawatir, karena pengalaman saya mengatakan bahwa itu bukan solusi yang tepat,” ujarnya.

“Karena saya sendiri yang sudah bermain di Timnas selama 13 tahun, kurang lebih ada 11 pelatih. Jadi, kita tidak pernah pola yang tetap. Ini berdasarkan pengalaman saya ya,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Kesempatan untuk Shin Tae-yong

Menurut Bepe, mengganti Shin Tae-yong dengan pelatih lain sama saja mengulangi proses perkembangan skuad Merah Putih dari awal. Oleh sebab itu, Bepe menegaskan bahwa juru taktik asal Korea Selatan itu masih harus mendapatkan kesempatan.

“Kita pernah punya pengalaman dilatih Luis Milla yang prosesnya bagus, tetapi di tengah jalan diganti. Akhirnya mengulang lagi karena sistem yang dipilih Luis Milla dan Shin Tae-yong berbeda,” ujarnya.

“Dua-duanya pelatih bagus. Sekarang ini menurut saya sudah bagus. Jadi, kita masih harus memberikan kesempatan bagi Shin Tae-yong,” tambah legenda yang sudah menyumbangkan 37 gol dari 85 penampilannya bersama skuad Garuda itu,

 

4 dari 4 halaman

Masih Percaya STY

Bepe masih sangat percaya masa depan Timnas Indonesia di bawah asuhan STY sangat cerah. Dia berharap, sang juru taktik bisa mendapatkan prestasi dalam waktu dekat agar bisa memenuhi dahaga pecinta sepak bola di Tanah Air.

“Kalau ada orang bilang bahwa ini saatnya dia diganti, menurut saya belum. Saya percaya dengan Shin Tae-yong,” ujar lelaki yang mengukir debut bersama Timnas Indonesia saat berusia 19 tahun itu.

“Karena sudah membentuk tim ini dengan lebih berkarakter. Kita tunggu saja hasilnya. Semoga hasilnya sesegera mungkin akan ada hasil yang bisa kita banggakan,” imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer