Sukses


Erick Thohir: Siapa pun yang Punya Darah dan Ingin Memperkuat Timnas Indonesia, Kami Buka Sebanyak-banyaknya

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa pihaknya terbuka dengan pemain keturunan yang ingin dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

"Siapa pun yang mempunyai darah Indonesia, yang ingin memperkuat, mengibarkan bendera Merah Putih, memperkuat Timnas Indonesia, kami harus buka sebanyak-banyaknya," ujar Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Sabtu (16/12/2023).

"Persaingan sepak bola ini makin tinggi. Alhamdulillah dengan transformasi sepak bola yang sudah kami lakukan sekarang, banyak sekali sekarang anak-anak bangsa percaya Timnas Indonesia seleksinya bersih dan terbuka," jelasnya.

Secara khusus, Erick Thohir menyinggung gelandang SC Heerenveen di Liga Belanda, Thom Haye, dan kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS), Maarten Paes.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 5 halaman

Thom Haye dan Maarten Paes

Erick Thohir membuka kemungkinan untuk menaturalisasi keduanya demi Timnas Indonesia. Khusus Thom Haye, pemain berusia 28 tahun itu sudah terang-terangan bersedia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Lalu kami masih menunggu juga Thom Haye, dia gelandang bertahan dan sepertinya juga ingin. Sama Maarten Paes, kiper utama FC Dallas di MLS," imbuh Erick Thohir.

"Kita tunggu lah, kita lihat. Jangan kesusu tapi yang penting semua yang percaya buat bangun Timnas Indonesia, ayo!" ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Banyak Talenta Muda

Selain itu, Erick Thohir juga bangga Timnas Indonesia dapat memproduksi banyak pemain muda berbakat seperti Rizky Ridho, Pratama Arhan, hingga Ramadhan Sananta.

"Figur-figur muda seperti Rizky Ridho, Rayhan Hannan, Pratama Arhan, Arkhan Fikri, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Asnawi Mangkualam, kami banyak," tutur Erick Thohir.

Timnas Indonesia juga bakal makin kuat dengan kehadiran Justin Hubner yang baru menjadi WNI. Saat ini, PSSI juga masih memproses naturalisasi winger Fortuna Sittard di Eredivisie, Ragnar Oratmangoen.

4 dari 5 halaman

Kevin Diks dan Ragnar Oratmangoen

"Terlepas itu juga banyak pemain internasional kami seperti Justin Hubner di Wolverhampton Wanderers yang sekarang di Premier League juga mau bergabung. Tambah lagi kemarin, banyak lah kejutan-kejutan," ucap Erick Thohir.

Selain itu, naturalisasi dua pemain keturunan lainnya hampir tuntas. Keduanya adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang tinggal menunggu jadwal untuk diambil sumpah kewarganegaraan RI.

Namun, Erick Thohir mengatakan PSSI belum akan meminang bek FC Copenhagen, Kevin Diks, untuk Timnas Indonesia tanpa mengungkapkan penyebabnya.

"Kevin Diks belum, tetapi mudah-mudahan Ragnar Oratmangoen nanti akan bergabung. Dia pemain sayap dan bisa bermain sebagai penyerang," terang Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

Ungkapan Erick Thohir

"Saya sangat mengapresiasi dan bersyukur kepada siapapun yang ingin berkontribusi memajukan sepak bola Indonesia," kata Erick Thohir.

"Sehingga saya tidak pernah menutup kesempatan apapun, jika ada pihak yang berkomitmen untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan membawa Garuda mendunia."

"Ini juga berlaku bagi para calon pemain diaspora yang memilik darah keturunan Indonesia untuk memperkuat Timnas Indonesia," papar Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer