Sukses


BRI Liga 1: Jawaban Stefano Teco Setelah Diminta Tinggalkan Bali United dan Latih Klub Malaysia

Bola.com, Denpasar - Bali United pada Senin (18/12/2023) akan menghadapi Persib Bandung dalam pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2024.

Namun, konsentrasi pelatih Stefano Cugurra tampaknya sedikit terpecah. Pasalnya ada isu dan banyak permintaan agar Teco kembali lagi menukangi klub asal Malaysia. Isu tersebut muncul setelah Bali United kalah menghadapi Terengganu FC di AFC Cup 2023/2024.

Teco diminta untuk kembali lagi ke Malaysia jika jasanya sudah tidak lagi dibutuhkan oleh Bali United. Perlu diketahui, pelatih berpaspor Brasil tersebut pernah berkarier di klub Malaysia tahun 2009 lalu dengan mengarsiteki klub Kuala Muda Naza.

Sebelumnya pada 2003, Teco menjadi Pelatih Fisik Persebaya Surabaya sebelum menuju klub Malaysia. Lalu sempat berkarier di Thailand dan Singapura sebelum kembali lagi ke Indonesia bersama Persija Jakarta dan Bali United.

Teco pun tidak menutup kemungkinan jika ia bisa saja hijrah kembali ke Liga Malaysia. Namun ia masih menghormati kontrak yang ada di Bali United.

Dari informasi yang dihimpun, kontrak Teco bersama Bali United baru berakhir tahun 2025.

2 dari 4 halaman

Masih Betah

Ia juga tampak masih sangat nyaman menukangi Ilija Spasojevic dkk.

"Di dalam sepak bola, saya berkata tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang tahu, saya sebagai pelatih hanya harus berjuang untuk hasil yang terbaik dalam setiap pertandingan," kata Teco pada Jumat (15/12/2023).

Teco pun kembali membanggakan prestasinya selama menukangi Bali United, di mana Teco mengantarkan Serdadu Tridatu meraih trofi juara Liga 1 tahun 2019 dan berulang meraih trofi juara Liga 1 dengan Bali United di BRI Liga 1 2021/2022.

Tak hanya untuk Bali United, di musim sebelumnya, tahun 2018 Teco juga mengantarkan Macan Kemayoran Persija Jakarta meraih trofi juara Liga 1.

3 dari 4 halaman

Bicara Rekor

Teco menjadi pelatih pertama di Indonesia yang mampu meraih 3 gelar juara secara beruntun.

"Saya pikir sekarang saya menjadi pelatih di Bali, ada rekor yang saya punya di Liga Indonesia, saya menang 2 trofi untuk tim ini," tuturnya.

Namun performa Teco bersama Bali United sempat menurun di BRI Liga 1 2022/2023. Saat itu Bali United finish di peringkat kelima dan sejak saat itu, desakan Teco agar mundur dari kursi kepelatihan Bali United semakin kencang. Tapi Teco tetap saja bergeming dan tetap santai menanggapi desakan tersebut.

Teco pun terus membuktikan bahwa ia layak berada di Bali United, hingga pekan ke 22 BRI Liga 1 2023/2024, Teco mengantarkan Bali United di posisi runner up klasemen sementara dengan mengoleksi 40 poin hasil dari 12 kemenangan, 4 kali seri dan 6 kali kalah.

4 dari 4 halaman

Bukan Kans ke Malaysia

Pelatih dengan lisensi A Pro ini juga tidak menutup kemungkinan  ke mana ia akan berlabuh setelah kontrak dengan Bali United usai, termasuk di Liga Super Malaysia.

"Saya terus coba untuk meraih yang lebih baik lagi, setelah selesai kontrak, di masa yang akan datang, mungkin saya bisa saja ada kemungkinan ke sini, di Malaysia, hanya Tuhan yang tahu, di dalam sepak bola saya hanya bekerja setiap hari," tutup ayah dua anak tersebut.

Video Populer

Foto Populer