Sukses


Sempat Jadi Raja Sepak Bola Indonesia, Persipura dan Sriwijaya FC Harus Berjuang untuk Tidak Terdegradasi dari Pegadaian Liga 2

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC sempat ada di puncak sepak bola Indonesia. Keduanya sempat bersaing di papan atas terutama pada era Indonesia Super League (ISL).

Keduanya juga sempat sama-sama menjadi langganan berlaga di kompetisi antarklub Asia. Baik itu di Liga Champions Asia maupun di ajang Piala AFC.

Persipura Jayapura sangat bangga dengan empat gelar juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Mutiara sangat dominan pada era Indonesia Super League.

Sementara Sriwijaya FC punya dua gelar juara liga. Hebatnya, tim kebanggaan masyarakat Sumatra Selatan itu pernah tiga kali menjuarai Piala Indonesia.

Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC juga sempat identik dengan banyak pemain bintang. Para pemain top Indonesia bergantian memperkuat dua klub tersebut.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kasta Kedua

Namun, belakangan prestasi Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC semakin menurun. Sejak beberapa musim terakhir, keduanya harus rela berlaga di liga level kedua sepak bola Indonesia.

Sriwijaya terdegradasi dari Liga 1 pada musim 2018. Saat itu mereka terdegradasi dengan dua tim lain yakni Mitra Kukar dan PSMS Medan.

Sementara di sisi lain, Persipura Jayapura terdegradasi pada musim 2021/2022. Mutiara Hitam harus turun ke kompetisi level kedua saat itu bersama Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh.

3 dari 3 halaman

Playoff Degradasi

Sialnya, penampilan Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC di Pegadaian Liga 2 2023/2024 sangat mengecewakan. Keduanya gagal melaju ke babak 12 besar ajang tersebut.

Malahan, Persipura Jayapura dan Siriwjaya FC harus berjuang keras untuk lolos dari zona merah. Mutiara Hitam dan Elang Andalas harus bertarung di playoff Pegadian Liga 2 2023/2024.

Persipura Jayapura harus puas ada di posisi keempat Grup 4 Pegadaian Liga 2 2023/2024. Sriwijaya FC pun ada di posisi yang sama tetapi mereka ada di Grup 1.

Video Populer

Foto Populer