Sukses


Puncaki Klasemen BRI Liga 1, Pelatih Borneo FC: Tahun 2023 Luar Biasa

Bola.com, Jakarta - Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra bangga dengan pencapaian timnya di BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Pesut Etam itu kini memimpin puncak klasemen dengan koleksi 51 poin.

Borneo FC tampil konsisten disepanjang kompetisi musim ini. Maka tak heran kalau klub kebanggaan warga Samarinda itu ada di papan atas. Dari 23 laga, Pesut Etam sukses mengepak 15 kemenangan, enam hasil imbang, dan baru menelan dua kekalahan.

Teranyar, mereka berhasil membekuk RANS Nusantara dengan skor 0-1, Sabtu (16/12/2023). Hasil itu menambah rekor tak terkalahkan Borneo FC dalam 12 pertandingan beruntun.

Tambahan tiga poin membuat Borneo FC makin jauh meninggalkan rival terdekat macam Bali United di posisi kedua dengan 40 angka dan Persib Bandung 39 poin di urutan ketiga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perkembangan Signifikan

Pieter Huistra ditunjuk sebagai nakhoda anyar Borneo FC pada Februari 2023. Dia menggantikan peran Andre Gaspar yang tak diperpanjang kontraknya jelang akhir musim Liga 1 2022/2023.

Debutnya bersama Borneo FC terjadi di pekan ke-25 BRI Liga 1. Kala itu, Pesut Etam kalah telak 1-3 melawan Bhayangkara FC pada 25 Februari 2023.

Meski begitu, pada musim perdananya, Huistra mampu membawa tim asuhannya finis di posisi empat klasemen dengan torehan 57 poin.

"Saya pikir kami membuat perkembangan yang sangat baik tahun ini. Ketika saya datang pada Februari dan klub mengalami masa sulit pada pertandingan pertama saya bertugas sebagai pelatih yang kalah 1-3 di kandang sendiri," ujarnya.

"Jadi saya harus memberikan pujian sebesar-besarnya kepada semua orang di klub, terutama kepada para pemain yang bekerja sangat keras, di setiap latihan dan pertandingan,".

"Mereka memainkan laga yang bagus, mungkin tidak terlalu bagus. Tapi saat Anda bekerja keras, peluang ketika memainkan pertandingan buruk seperti lawan RANS, Anda bisa memenangkannya. Itulah yang bisa dibawa oleh para pemain saat ini," sambung Huistra.

 

 

3 dari 5 halaman

Luar Biasa

Pieter Huistra mengatakan, 2023 merupakan tahun yang luar biasa buat Borneo FC. Dia menyebut, para pemain sangat percaya diri dan termotivasi untuk melanjutkan tren positif pada tahun depan.

"Mereka sangat percaya diri sekarang mereka bisa melakukan itu. Jadi ini merupakan tahun yang luar biasa. Saya pikir jika Anda melihatnya pada tahun 2023, kami membuat kemajuan besar. Pemain baru beradaptasi dengan sangat baik," katanya.

"Selalu ada peningkatan ke arah yang lebih baik. Hari ini kami sedikit bangkit. Tapi lain kali kami harus menjadi lebih baik lagi. Para pemain bekerja keras, jadi bagi seorang pelatih itu sangat penting. Kemudian hasilnya juga akan datang, saya 100 persen percaya akan hal itu," tambah Huistra.

 

 

4 dari 5 halaman

Mempersipkan Diri

Setelah pekan ke-23, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air itu disetop sementara waktu. Liga 1 bakal rehat jelang libur Natal dan Tahun Baru. Plus adanya agenda Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 di Qatar.

Setelah libur Januari 2024, kompetisi dilanjutkan satu matchday pada awal Februari. Kemudian dihentikan lagi selama tiga pekan karena agenda Pemilu 2024. Pasca Pemilu, Liga 1 kembali bergulir pada 22 Februari 2024.

Selama jeda kompetisi, Borneo FC tak akan bersantai. Mereka bakal terus menggembleng latihan skuadnya. Wiljan Pluim dkk. hanya diberikan libur selama dua pekan jelang Nataru.

"Sekarang kami punya waktu istirahat dua Minggu. Kemudian kami harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun 2024. Kami juga belum selesai, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kami ingin berkembang setiap saat," ucap Huistra.

"Anda memiliki dua pilihan. Anda dapat mengambil liburan dua bulan dan berharap Anda siap lagi untuk pertandingan pertama. Atau Anda bekerja dan berlatih keras, bersiap untuk babak kedua. Kami harus memilih salah satu opsi," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer