Sukses


BRI Liga 1: Ketika Pelatih Arema FC Kehilangan Kata-kata Setelah Keok di Markas Barito Putera

Bola.com, Malang - Pelatih Arema FC, Fernando Valente, kehilangan kata-kata setelah Arema gagal mencuri poin di markas Barito Putera. Tim berjukukan Singo Edan tersebut kalah tipis 0-1 dari Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, dalam lanjutan BRI Liga 1 2023/2024, Minggu (17/12/2023).

Fernando Valente kehilangan kata-kata karena Singo Edan sudah mengerahkan segala cara untuk mendulang kemenangan. Namun, mereka tidak berhasil mencetak gol. 

Sementara Barito Putera lebih efisien memaksimalkan peluang yang didapat. Sebuah serangan balik di menit 50 membuat Bagus Kahfi mencatatkan nama di papan skor. Dia jadi pahlawan kemenangan Barito Putera atas Arema.

Selepas pertandingan, pelatih Arema, Fernando Valente kesutlitan menggambarkan suasana dalam tim. “Tidak mudah mencari kata-kata yang menggambarkan kenyataan ini. Tapi realitanya seperti ini. Mungkin sangat mudah bicara tentang beruntung atau tidak,” kata pelatih asal Portugal tersebut. 

Secara tersirat Valente menilai Arema dijauhi keberuntungan. Apalagi, dia melihat Dedik Setiawan dkk sudah berupaya keras membongkar pertahanan Barito Putera.

Bahkan, dia melihat Arema FC punya peluang lebih banyak ketimbang tuan rumah. “Kadang beginilah sepak bola. Punya banyak peluang tapi tidak bisa mencetak gol. Sedangkan lawan hanya punya 1-2 peluang tapi bisa buat gol dan menang,” tuturnya. 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Lebih Optimistis Tahun Depan

Setelah pertandingan melawan Barito Putera, Arema baru menjalani laga selanjutnya pada Februari 2024. Artinya, baru dua bulan lagi mereka bertanding lagi, alias setelah jeda BRI Liga 1. 

“Kami sudah melakukan pekerjaan dengan serius. Pelatih, pemain dan usaha dari manajemen tim juga. Kami percaya tahun depan akan datang dengan energi baru, lebih kompeten dan konsisten,” harapnya.

Fernando belum menyerah dengan prestasi buruk Arema sepanjang 2023. Saat ini, mereka masih berada di urutan 16 dengan 21 poin.

Posisi tersebut lumayan sulit mengingat kompetisi menyisakan 11 pertandingan lagi. Sedangkan jarak dengan Persis Solo yang satu tingkat di atas zona degradasi kini menjadi 4 poin. Itupun Persis masih memiliki satu pertandingan lebih sedikit ketimbang Arema.

 

     

3 dari 5 halaman

Bermain Menekan

Berstatus sebagai tim tamu, Arema FC nyatanya bermain menekan sejak peluit babak pertamua dibunyikan. Gilbert Alvarez menekan Barito Putera melalui tendangan pada menit keenam, namun bola masih bisa ditangkap kiper Ega Rizky Parama.

Tiga menit kemudian, Barito Putera balik menekan melalui Gustavo Tocantins. Sayangnya, bola masih bisa diamankan kiper Arema kawalan Julian Schwarzer.

Begitu juga dengan bola hasil tembakan Devid pada menit ke-17. Bola hasil sepakannya masih terlalu mudah buat penjaga gawang Tim Singo Edan itu.

Memasuki menit ke-24, Arema FC kembali dapat peluang dari Julian Guevara. Sayangnya, tendangan kaki kanan yang dilakukannya masih bisa diamankan kiper Barito Putera.

Begitu juga dengan tendangan Gustavo Tocantins pada menit ke-32. Tendangan kerasnya kembali diamankan kiper Arema FC. Hingga turun minum, belum ada gol tercipta dalam laga itu.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Pecah Kebuntuan

Barito Putera berhasil memecah kebuntuan saat babak kedua baru dimulai empat menit. Bagus Kahfi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Arema FC yang gagal diantisipasi oleh kiper Julian Schwarzer.

Arema kemudian berusaha mencari gol penyeimbang melalui Charles Raphael pada menit ke-66. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diantisipasi kiper Barito Putera.

Barito kemudian memberikan tekanan beruntun melalui Mike Ott pada menit ke-76' dan Rizky Pora pada menit ke-77', namun bola hasil sepakan keduanya masih bisa diamankan. Hingga peluit berbunyi panjang, tak ada gol tambahan dan Barito menang 1-0 atas Tim Singo Edan.

Kemenangan ini membuat Barito Putera naik ke posisi delapan dengan raihan 32 poin. Sementara itu, Arema FC masih tertahan di posisi ke-16 dengan jumlah 21 poin. 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer