Sukses


Melihat Komposisi Kiper Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023: Siapa yang Paling Meyakinkan di Bawah Mistar Gawang?

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 28 pemain akan mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki mulai Rabu (20/12/2023). Pemusatan latihan itu ditujukan agar Skuad Merah Putih tampil maksimal di Piala Asia 2023 Januari mendatang.

Dari 28 nama tersebut, nantinya hanya 26 nama yang dibawa ke Piala Asia 2023. Artinya, akan ada dua pemain yang harus dicoret.

Menariknya, posisi penjaga gawang tampaknya akan aman dari pencoretan. Sebab, Piala Asia 2023 menghendaki setiap kontestan mendaftarkan tiga kiper sepanjang turnamen.

Tiga penjaga gawang yang saat ini ada di skuad Timnas Indonesia adalah Ernando Ari, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna Fadillah. Mereka akan memperebutkan posisi sebagai kiper utama Tim Merah Putih.

Bola.com akan mencoba mengulas tiga penjaga gawang itu, termasuk mengenai peluang mereka menjadi kiper utama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Jika melihat kondisi terkini mereka, sebenarnya tidak ada yang benar-benar meyakinkan untuk menjadi kiper utama.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ernando Ari

Dari ketiganya, Ernando Ari sebenarnya punya peluang paling besar untuk menjadi kiper utama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Meski masih berusia 21 tahun, Ernando sudah punya pengalaman yang cukup banyak.

Sejauh ini, Ernando Ari sudah punya lima caps bersama Timnas Indonesia. Ernando menjadi kiper utama pada laga terakhir Tim Merah Putih menghadapi Filipina pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, November lalu.

Namun, rekor Ernando Ari bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 musim ini cukup buruk. Ernando sudah kebobolan 21 kali dari 13 pertandingan bersama Bajul Ijo.

3 dari 4 halaman

Muhammad Riyandi

Sama seperti Ernando Ari, Muhammad Riyandi juga sudah memiliki lima caps di Timnas Indonesia. Dari sisi postur dan kemampuan mengalirkan bola, Riyandi sebenarnya cukup bisa diandalkan.

Namun, performa Muhammad Riyandi bersama Persis Solo di BRI Liga 1 musim ini juga biasa saja. Riyandi baru 11 kali tampil tetapi sudah 16 kali kebobolan.

Selain itu, Muhammad Riyandi juga sudah lama absen membela Timnas Indonesia. Penampilan terakhirnya bersama Tim Merah Putih terjadi pada 25 November 2021. Saat itu ia bermain penuh melawan Myanmar dalam laga uji coba.

4 dari 4 halaman

Syahrul Trisna

Nama terakhir ini paling menyita perhatian publik. Sebab, performa Syahrul Trisna di sepanjang 2023 sebenarnya jauh dari kata memuaskan.

Syahrul perlahan tergeser dari posisi kiper utama Persikabo 1973. Posisinya digeser kiper muda, Husna Al Malik.

Namun, tampaknya Shin punya pertimbangan sendiri dalam memilih Syahrul. Termasuk dalam keputusannya meninggalkan Nadeo Argawinata.

Video Populer

Foto Populer