Sukses


Stadion Sultan Agung Bantul Laris Manis Diminati Tim-tim BRI Liga 1

Bola.com, Yogyakarta - Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Yogyakarta laris manis diminati sejumlah klub BRI Liga 1 2023/2024. Setidaknya ada tiga tim memilih stadion berkapasitas kurang lebih 30 ribu penonton itu sebagai home base.

Ketiga tim yang dimaksud adalah PSS Sleman, RANS Nusantara, dan Barito Putera. RANS Nusantara bahkan sudah menggunakan stadion tersebut saat menjamu Borneo FC pada pekan ke-23 Liga 1, Sabtu (16/12/2023).

"Sejauh ini ada tiga tim yang sudah bersurat kepada kami yakni PSS Sleman, RANS Nusantara, dan Barito Putera," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Isdarmoko.

"Mereka akan memakai stadion sesuai dengan jadwal masing-masing," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Musafir

Selain tiga klub tersebut, sebelumnya PSM Makassar juga dikabarkan berkandang di Bantul pada sisa kompetisi musim ini. Namun, Juku Eja (julukan PSM) rupanya lebih memilih Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai markas mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, di sisa pertandingan musim ini beberapa tim Liga 1 harus berpindah home base untuk sementara waktu. Sebab, markas mereka tengah direnovasi oleh Kementerian PUPR sejak Desember 2023-Oktober 2024.

Adapun PSS Sleman dan RANS Nusantara terusir dari Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara Barito Putera tidak bisa menggunakan Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

3 dari 4 halaman

Tanpa Penonton

Isdarmoko mengatakan, Disdikpora Bantul tak mempermasalahkan banyaknya tim yang menggunakan SSA. Tapi dengan persyaratan pertandingan digelar tanpa penonton. Alasannya?

"Ini kan menjelang Pemilu, berbagai kemungkinan seandainya ada suporter yang pulang pergi itu kan berpotensi ricuh. Sehingga kami baru mengizinkan kalau siap memakai SSA tanpa suporter atau penonton," katanya.

"Kami juga berkoordinasi dengan Pemkab Bantul, Sekda dan arahan dari pihak keamanan. Bagi saya stadion ini untuk menggembleng pemain, ada suporter atau tidak kan enggak ada pengaruhnya atau bedanya," tambah dia.

Lebih jauh, Isdarmoko berpesan kepada seluruh tim yang berkandang di SSA untuk menaati aturan yang berlaku. Salah satunya menjaga ketertiban dan keamanan stadion.

 

4 dari 4 halaman

PSS Sleman Masih Pikir-pikir

RANS Nusantara sudah memakai SSA pada laga penutup tahun ini, sedangkan Barito Putera bakal menggunakan markas Persiba Bantul tersebut pada Januari 2024. Lantas, bagaimana dengan PSS Sleman?

Meski sudah bersurat untuk memakai SSA, Laskar Sembada ternyata masih belum memutuskan dimana mereka akan berkandang. Presiden Direktur PT PSS, Gusti Randa, menuturkan, kepastian kandang Tim Elang Jawa akan diputuskan pada Januari 2024.

Manajemen PSS Sleman nampaknya tengah bimbang memilih antara Stadion Sultan Agung atau Stadion Manahan, Solo.

"Sudah ada beberapa tim yang memutuskan berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul. Kalau sudah banyak tim di sana ya jelek lapangannya karena hampir tiap hari dipakai," ucap Gusti Randa.

"Nah yang kedua, apakah boleh pakai penonton atau tidak, ini juga harus kami pikirkan, makanya baru Januari kami putuskan," tandasnya.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer