Sukses


3 Momen Sepak Bola Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia di Sepanjang 2023: 2 Piala Dunia dan Timnas Argentina

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia terus berusaha berkembang ke arah yang lebih baik. Meski harus diakui sepak bola Indonesia masih jauh dari ideal.

Namun, paling tidak di sepanjang 2023, kita jarang menemui adanya pertandingan liga yang ditunda. Agenda Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur pun cukup jelas.

Selain itu ada beberapa kejadian di sepak bola Indonesia yang menarik perhatian dunia. Ada kejadian yang positif, ada pula yang negatif.

Bola.com mengumpulkan tiga momen menarik yang terjadi di sepak bola Indonesia di sepanjang 2023. Momen-momen itu bahkan mampu menarik perhatian dunia. Sedikit bocoran saja, ada satu momen yang melibatkan Timnas Indonesia.

Apa saja momen-momen tersebut?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kegagalan Piala Dunia U-20 2023

Indonesia sejatinya ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, ajang itu batal digelar karena adanya Pandemi COVID-19.

Jatah tuan rumah Indonesia tetap berlaku untuk edisi Piala Dunia U-20 2023. Persiapan dari sisi infrastruktur dan tim pun sudah dilakukan.

Namun, karena adanya penolakan dari beberapa pihak, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia. Argentina pun mendapatkan jatah menjadi tuan rumah ajang itu pada Maret lalu.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 0-2 Timnas Argentina

Di pertengahan tahun, pecinta sepak bola Indonesia bak mendapatkan durian runtuh. Timnas Argentina dipastikan menjadi lawan Tim Merah Putih dalam laga bertajuk FIFA Matchday.

Laga itu kemudian bisa digelar dengan sukses di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 19 Juni 2023. Timnas Argentina menang 2-0 pada laga yang disaksikan lebih dari 70 ribu penonton itu.

Meski ada satu hal yang disayangkan dari laga itu, yakni absennya legenda Argentina, Lionel Messi.

4 dari 4 halaman

Piala Dunia U-17 2023

Setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023, Indonesia mendapatkan pelipur lara. Pada November hingga Desember lalu Piala Dunia U-17 2023 hadir di Tanah Air.

Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, dan Jakarta International Stadium menjadi arena berlaga 24 tim muda terbaik di dunia.

Timnas Indonesia U-17 pun tampil cukup apik meski akhirnya gagal lolos dari babak grup Piala Dunia U-17 2023.

Video Populer

Foto Populer