Sukses


3 Pemain yang Tampil Jos Gandos di BRI Liga 1 tapi Tak Dipanggil Timnas Indonesia: Top Assist Merana

Bola.com, Jakarta Sejumlah pemain yang menampilkan performa impresif bersama klubnya masing-masing di BRI Liga 1 2023/2024 terpaksa gigit jari karena tak mendapatkan panggilan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023.

Padahal, para pemain ini menjadi tulang punggung klubnya masing-masing untuk bersaing di kompetisi lokal. Sayangnya, penampilan apik tersebut tak lantas membuahkan pemanggilan Timnas Indonesia.

Dari aspek statistik, para pemain yang tampil jos gandos di BRI Liga 1 ini sebetulnya punya catatan yang terhitung lebih mentereng ketimbang nama-nama lainnya yang dipanggil Shin Tae-yong. 

Namun, hal itu ternyata tak membuat Shin Tae-yong memanggil mereka untuk mengikuti TC bersama Timnas Indonesia di Turki jelang Piala Asia 2023. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nadeo Argawinata

Salah satu pemain terbaik yang luput dari pemanggilan Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 ini ialah Nadeo Argawinata. Padahal, penampilannya bersama Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024 termasuk luar biasa.

Nadeo menjadi salah satu faktor keberhasilan Borneo FC memuncaki klasemen sementara. Penjaga gawang berusia 26 tahun itu sukses mengukir 10 kali cleansheet dari total 23 pertandingan.

Ini menjadi jumlah yang tertinggi dibandingkan semua kiper yang tampil di BRI Liga 1 musim ini. Tak hanya itu, Nadeo juga sukses mengukir 73 kali penyelamatan. Ini menjadi jumlah terbanyak dibandingkan semua kiper lokal.

Dia hanya kalah dari tiga kiper asing, yakni Sonny Stevens (95 saves), Adilson Maringa (92 saves), dan Julian Garcia Schwarzer (85 saves). Sayangnya, catatan ini ternyata tak cukup untuk membuat Shin Tae-yong memanggilnya.

3 dari 4 halaman

Stefano Lilipaly

Pemain lainnya yang harus gigit jari karena tak mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong ialah Stefano Lilipaly. Namanya tak muncul dalam daftar 29 pemain yang diangkut untuk mengikuti TC di Turki.

Padahal, Stefano Lilipaly menjadi pemain yang tampil istimewa bersama Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024. Dia berstatus sebagai penyumbang gol sekaligus assist terbanyak di skuad berjuluk Pesut Etam itu.

Dari 23 pertandingan, pemain kelahiran Belanda ini berhasil menjaringkan sembilan gol dan mengukir 11 assist. Ini menjadi catatan pemain lokal yang paling produktif di kompetisi domestik.

Selain itu, dengan koleksi 11 assist, bekas pemain Bali United itu juga menduduki pucuk daftar pencetak umpan gol terbanyak di BRI Liga 1 musim ini.

 

4 dari 4 halaman

Dedik Setiawan

Striker lokal lainnya yang sebetulnya mampu bersaing dalam daftar pencetak gol terbanyak BRI Liga 1 2023/2024 ialah Dedik Setiawan. Bersama Arema FC, dia sudah berhasil mengoleksi total enam gol musim ini.

Dedik Setiawan juga bukan nama baru bagi Shin Tae-yong. Sebab, striker berusia 29 tahun ini pernah memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Koleksi gol Dedik juga tak kalah dari penyerang Timnas Indonesia.

Pemain asal Malang ini memang kalah dari Ramadhan Sananta yang sudah mengoleksi tujuh gol untuk Persis Solo. Namun, dia masih unggul jauh ketimbang Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, hingga Hokky Caraka.

Nama yang terakhir, misalnya, mencetak tiga gol untuk PSS Sleman. Dendy hanya mampu mengukir satu gol, sedangkan Dimas belum pecah telur bersama Persikabo 1973 pada musim ini.

Video Populer

Foto Populer