Sukses


Mengulas Kiprah 6 Kiper Asing di BRI Liga 1 2023 / 2024: Tiga Nama Sukses Ukir Penyelamatan Tertinggi

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 diwarnai fenomena yang menarik karena kedatangan banyak penjaga gawang asing. Performa para kiper impor ini memang cukup fenomenal.

Sejak awal musim, sudah ada empat kiper asing yang meramaikan BRI Liga 1 2023/2024. Tiga di antaranya merupakan nama debutan karena menjadi wajah baru di kancah persepak bolaan Indonesia.

Memasuki bursa transfer paruh musim, muncul dua penjaga gawang asing baru yang datang dari luar negeri. Jika melihat catatan statistik, ada tiga kiper yang mampu tampil luar biasa pada musim ini.

Sebab, ketiga penjaga gawang asing ini sukses menciptakan saves alias jumlah penyelamatan terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024. Sedangkan dua nama terbaru masih dinantikan aksi-aksinya di bawah mistar gawang. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Julian Schwarzer (Arema FC)

Kiper keturunan Inggris-Filipina, Julian Schwarzer, menjadi salah satu penjaga gawang yang mencuri perhatian di BRI Liga 1 2023/2024. Kiprahnya bersama Arema FC memang terhitung istimewa.

Dari segi jumlah cleansheet, kiper berusia 24 tahun ini memang tak begitu istimewa. Sebab, dia hanya bisa menghasilkan tiga nirbobol dari 19 pertandingan. Jumlah kebobolannya juga tinggi karena sudah mencapai 28 gol.

Namun, dari catatan PT LIB, Julian Schwarzer menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak ketiga. Sejauh ini, dia sudah mengukir 85 saves, lebih banyak dari Nadeo Argawinata yang menghasilkan 73 saves.

3 dari 8 halaman

Adilson Maringa (Bali United)

Memasuki musim ketiganya di Indonesia, Adilson Maringa masih layak menjadi salah satu penjaga gawang asing terbaik di BRI Liga 1. Kiprahnya bersama Bali United musim ini cukup impresif.

Dari statistik yang dihimpun PT LIB, kiper asal Portugal ini menduduki urutan kedua dalam daftar penghasil saves terbanyak di musim 2023/2024. Sejauh ini, dia sudah mengukir 92 kali penyelamatan.

Namun, catatan cleansheet-nya tak begitu menawan. Sebab, dari 23 pertandingan, dia hanya bisa mengukir lima kali nirbobol. Jumlah kebobolannya sejauh ini sudah mencapai 27 gol di BRI Liga 1.

4 dari 8 halaman

Sonny Stevens (Dewa United)

Musim debut Sonny Stevens di BRI Liga 1 2023/2024 menghasilkan dua catatan yang bertolak belakang. Kiper asal Belanda ini menjadi pilihan utama pelatih Jan Olde Riekerink sepanjang musim.

Sayangnya, dari 22 pertandingan, Sonny Stevens sejauh ini sudah kebobolan 32 kali. Kiper berusia 31 tahun ini juga hanya sanggup mengukir lima kali cleansheet di BRI Liga 1 2023/2024. Namun, penampilannya di bawah mistar gawang sebetulnya sangat apik.

Sebab, berdasarkan data yang dihimpun PT LIB, Sonny menjadi penjaga gawang dengan jumlah penyelamatan terbanyak. Dia berada di puncak dengan koleksi 95 saves.

5 dari 8 halaman

Anthony Pinthus (PSS Sleman)

Penjaga gawang PSS Sleman, Anthony Pinthus, memang terhitung sebagai kiper asing yang paling sedikit kebobolan di BRI Liga 1 musim ini. Dari 19 pertandingan, dia baru kemasukan 24 gol.

Jumlah penampilan milik Pinthus memang lebih sedikit ketimbang kiper lainnya yang tampil sejak awal musim. Sebab, dia pernah absen empat pertandingan, utamanya karena faktor cedera.

Dari semua penampilannya itu, kolektor tiga caps bersama Timnas Filipina ini hanya sanggup mengukir empat cleansheet saja. Dia juga menghasilkan 52 kali penyelamatan dan duduk di urutan ke delapan.

6 dari 8 halaman

Kevin Ray Mendoza (Persib Bandung)

Pada bursa transfer paruh musim ini, Persib Bandung mengambil langkah yang mengejutkan saat merekrut penjaga gawang Timnas Filipina, Kevin Ray Mendoza, dari klub Liga Super Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Sejatinya, kiper kelahiran Denmark ini punya catatan yang tak begitu menawan di Negeri Jiran. Sebab, dari 10 penampilannya bersama KL City FC, dia sudah kebobolan 17 gol di Liga Super Malaysia 2023.

Oper berusia 29 tahun itu mengawali debutnya dengan kebobolan dua gol saat Persib kalah 0-2 dari Persik Kediri. Laga berikutnya, dia akhirnya mencatatkan cleansheet saat timnya bermain imbang tanpa gol melawan Bali United.

7 dari 8 halaman

Lucas Frigeri (Madura United)

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Lucas Frigeri (@lucasfrigeri01)

Kiper terbaru lainnya yang baru datang pada paruh musim ini ialah Lucas Frigeri. Penjaga gawang asal Madura United itu mulai menjadi pilihan utama Madura United pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024.

Sejauh ini, penjaga gawang berusia 34 tahun itu sudah bermain sebanyak dua pertandingan. Namun, belum ada catatan nirbobol yang berhasil diukir oleh pemain yang direkrut dari Londrina Esporte Clube ini.

Pada laga debutnya, dia membantu Laskar Sappe Kerrab menang 4-1 atas Barito Putera. Namun, pada penampilan kedua, Frigeri harus kebobolan dua gol saat Madura United bermain imbang 2-2 kontra PSIS Semarang.

8 dari 8 halaman

Lihat Persaingan di Musim Ini

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer