Sukses


3 Bek Lokal Dengan Menit Bermain Terbanyak di BRI Liga 1, Didominasi Anak Asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Di BRI Liga 1 2023/2024, posisi bek terutama bek tengah masih didominasi oleh pemain asing. Misalnya saja sang pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024, Borneo FC.

Pesut Etam memakai dua bek tengah asing sekaligus, yaitu Leo Lelis dan Silverio Silva. Bali United mengandalkan Elias Dolah. Tandem Dolah di bek tengah memang bek lokal, tapi tiga pemain bergantian.

Ada Kadek Arel Priyatna, Jajang Mulyana, dan Haudi Abdillah. Namun yang paling banyak bermain adlaah Kadek Arel dalam 14 pertandingan. Penampilannya tersebut terbantu karena ada regulasi klub yang harus memainkan minimal satu pemain U-23 yang diwajibkan bermain minimal 45 menit dalam satu pertandingan.

Tapi melihat data statistik, masih ada bek lokal yang berkontribusi besar untuk timnya saat ini. Bola.com merangkum tiga bek lokal dengan menit bermain cukup tinggi di BRI Liga 1 2023/2024.

Semuanya berada di skuad Timnas Indonesia yang masih menjalani pemusatan latihan di Turki untuk persiapan Piala Asia 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Wahyu Prasetyo

Wahyu Prasetyo sudah bermain sebanyak 21 kali bersama PSIS Semarang di BRI Liga 1 musim ini. Total bek tengah asal Batang tersebut sudah membukukan 1.868 menit bermain. Di Mahesa Jenar, tandem idealnya di bek tengah adalah Lucao.

Dalam 21 pertandingan, Wahyu prasetyo memang tidak mencetak satu gol pun, namun ia sukses menciptakan satu assist. Selain itu ari data statistic, Wahyu Prasetyo sudah membukukan 892 operan sukses dari 1.058 percobaan.

Dari segi pertahanan, ia mampu menciptakan 33 tekel, 101 intersep, 75 clearances, tiga kartu kuning, dan 14 pelanggaran.

3 dari 4 halaman

Edo Febriansyah

Posisinya bukan sebagai bek tengah, tetap bek sayap. Namun ia menjadi salah satu bek lokal dengan catatan waktu bermain terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024. Selama 21 pertandingan bersama Persib Bandung, Edo bermain dalam 1.232 menit bermain.

Satu gol dan tiga assist adalah salah satu kontribusinya untuk Maung Bandung. Itu sebabnya Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mempercayakan kemampuan Edo untuk persiapan Piala Asia 2023 kali ini.

Secara statistik, penampilannya sebagai pemain belakang tidak terlalu buruk. Ketika dalam posisi menyerang, mantan bek Persita Tangerang ini mampu tampil baik. 13 tembakan dengan enam tembakan yang mengarah ke gawang lawan adalah buktinya.

Belum lagi soal urusan bertahan. 31 kali tekel dengan 44 intersep berhasil dibuatnya. Sama seperti Wahyu Prasetyo, Edo Febriansah juga mengoleksi tiga kartu kuning dengan 23 kali pelanggaran yang dibuatnya.

4 dari 4 halaman

Rizky Ridho

Bek terakhir adalah Rizky Ridho. Bersama Persija Jakarta, ia bermain dalam 18 pertandingan. Jumlah pertandingan yang sama dengan bek Dewa United, Abdul Mannan.

Satu gol dan satu assist dibukukan Rizky Ridho dalam 1.590 menit bermain. Di Timnas saat Piala Asia 2023 nanti, ia masih perlu berjuang untuk bisa mendapatkan tempat di hati Shin Tae-yong.

Namun melihat statistik di BRI Liga 1, penampilannya impresif dan bisa berduet cukup baik dengan Ondrej Kudela. 47 tekel, 74 intersep, 42 clearances, dan 899 umpan sukses menjadi catatan apiknya bersama Macan Kemayoran.

Namun yang perlu diperhatikan adalah Rizki Ridho masih kalah dari segi disiplin. Enam kartu kuning menjadi catatan yang perlu dibenahi di sisa pertandingan BRI Liga 1 musim ini.

 

Video Populer

Foto Populer