Sukses


Trio Alumni Piala Dunia U-17 yang Punya Kans Tampil di Piala Asia 2023: Detik-Detik Terakhir Bisa Nyusul?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapat kejutan tak menyenangkan jelang Piala Asia 2023. Skuad Garuda dibantai empat gol tanpa balas oleh Libya di Stadion Kompleks Olahraga Mardan, Antalya (2/1/2024).

Pertandingan ini sendiri merupakan uji coba pertama anak asuh Shin Tae-yong selama pemusatan latihan (TC) Turki. Pelatih asal Korea Selatan itu mencoba pakem baru yakni formasi 4-4-2.

Sayangnya, hasil yang didapatkan tak sesuai ekspektasi. Walau mampu bermain di ruang sempit, lini pertahanan tampak tertekan dan kerap melakukan blunder fatal.

Mental pemain lantas menjadi sorotan. Beberapa penggawa memang baru mendapatkan caps internasional seperti Justin Hubner yang baru merasakan debut selepas mengucap sumpah kewarganegaraan.

Jika itu yang terjadi, tentu para pemain Timnas Indonesia U-17 layak mendapat kesempatan menembus tim senior. Tampil di Piala Dunia U-17 jelas menaikkan mentalitas para pemain muda tersebut.

Lantas, siapa saja pemain Garuda Asia yang berpeluang masuk ke skuad Piala Asia 2023 di detik-detik terakhir? Berikut ulasan selengkapnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sulthan Zaky (PSM Makassar/Bek Tengah)

Berkaca dari pertandingan kemarin, lini pertahanan jelas harus lebih banyak berbenah. Kesalahan elementer yang dilakukan terpaksa dibayar mahal.

Sulthan Zaky yang tampil prima di Piala Dunia U-17 mungkin bisa jadi opsi tambahan. Posturnya yang tinggi menjulang, bisa diandalkan menghalau bola-bola udara.

Tak hanya itu, kemampuannya membawa bola juga cukup teruji di perhelatan akbar tersebut. Bekal yang lebih dari cukup untuk mendapatkan caps pertamanya.

 

3 dari 5 halaman

Ji Da Bin (ASIOP/Gelandang Tengah)

Salah satu kelemahan lainnya yang bisa disoroti adalah kosongnya peran gelandang jangkar. Posisi ini begitu vital sebagai penyambung lini belakang dan depan.

Pemain asal ASIOP, Ji Da Bin mungkin layak dicoba di tengah gemerlapnya lapangan tengah saat ini. Penampilannya di Piala Dunia U-17 terbilang cukup impresif dalam tiga laga grup.

Kemampuannya dalam menemukan ruang jadi kekuatan utama. Ini bisa sangat membantu tim melakukan progresi serangan sekaligus jadi pemain yang pertama kali mencegah lawan menyerang.

 

4 dari 5 halaman

Arkhan Kaka (Persis Solo/Penyerang)

Nama terakhir yang pantas dicoba tentu Arkhan Kaka. Dua gol yang dibuat pada perhelatan akbar itu sudah cukup jadi bukti tak terbantahkan.

Walau masih berusia 16 tahun, postur Kaka terbilang cukup tangguh. Tak heran bila dia mampu melahap setiap bola udara yang mengarah ke kotak penalti lawan.

Kombinasi dengan M. Ramadhan Sananta bakal sangat menarik. Sebab, keduanya sama-sama bermain untuk satu tim yang sama yakni Persis Solo.

 

5 dari 5 halaman

Tak Boleh Di Luar Entry 50 Pemain

Walau tiga pemain ini layak menembus tim senior, bukan berarti mereka bisa serta merta tampil di Piala Asia 2023. Trio pemain ini harus memenuhi persyaratan administrasi dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia).

Sebelum turnamen dimulai, setiap negara kontestan diminta memasukkan 50 nama. Dari daftar tersebut, hanya 26 pemain yang diperbolehkan berlaga di Qatar.

Namun, tak pernah ada daftar resmi yang dirilis PSSI ke media. Sehingga kita tak pernah tahu apakah ada pemain U-17 yang didaftarkan atau tidak.

Video Populer

Foto Populer