Sukses


Mengulas Peta Persaingan Grup A Piala Asia 2023: Bakal Sengit! Tuan Rumah Sekaligus Juara Bertahan, hingga Debutan Saling Sikut

Bola.com, Jakarta - Persaingan yang bakal tersaji di Grup A Piala Asia 2023 menjadi salah satu yang layak dinantikan. Sebab, grup ini melibatkan pertarungan antara tim tuan rumah sekaligus jawara bertahan hingga kontestan yang berstatus debutan.

Empat kontestan yang bakal bersaing di Grup A ialah Qatar, China, Tajikistan, dan Lebanon. Mereka bakal saling sikut untuk memperebutkan tiket menuju fase gugur di ajang Piala Asia 2023.

Sebagai tuan rumah, Qatar tentu saja menjadi kontestan yang diunggulkan di Grup A. Mereka akan mendapatkan dukungan penuh dari suporternya, sama seperti ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sementara itu, tiga kontestan lainnya juga tak akan begitu saja menyerah dan tunduk dari Qatar yang berstatus sebagai juarabertahan di kejuaraan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasan persaingannya.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Marwah Tuan Rumah

Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Asia 2023, Qatar memang lebih diunggulkan di Grup A. Apalagi, mereka sempat membuat kejutan luar biasa pada Piala Asia edisi sebelumnya ketika menjadi juara.

Kala itu, mereka sukses menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan, termasuk duel-duel krusial melawan tim elite Asia. Qatar sempat menggebuk Korea Selatan (1-0) di fase perempat final, hingga akhirnya menumbangkan Jepang (3-1) di final.

Ini menjadi gelar pertama Qatar di kancah Piala Asia. Sebab, prestasi terbaik mereka sebelumnya oalah melaju hingga fase perempat final, yakni pada edisi 2000 di Lebanon dan 2011 di rumah sendiri.

3 dari 5 halaman

Menanti Kejutan Tim Debutan

Pada Piala Asia 2023 ini, Tajikistan memang menjadi satu-satunya kontestan yang berstatus sebagai debutan. Sebab, partisipasi ini akan menjadi kiprah pertama mereka di kancah Piala Asia 2023.

Keberhasilan Tajikistan menyegel satu slot di Piala Asia 2023 dilalui dengan jalan yang cukup berliku. Pada akhirnya, mereka berhasil lolos setelah memuncaki klasemen Grup F pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tajikistan sukses menumbangkan Myanmar (4-0), Singapura (1-0), dan bermain imbang tanpa gol kontra Kirgistan. Meskipun tak diunggulkan, tim beralias Singa Persia ini berpotensi menghadirkan kejutan.

4 dari 5 halaman

Bersaing di Fase Berikutnya

Mengingat Qatar punya kans untuk mengakhiri persaingan sebagai juara grup, seperti pada edisi 2019, maka tim-tim lainnya harus berebut tempat untuk mengisi peringkat kedua Grup A untuk lolos ke fase gugur.

China menjadi negara yang punya kans menempati posisi tersebut. Mereka memang belum pernah merasakan gelar juara di Piala Asia. Prestasi terbaiknya ialah menjadi runner-up pada edisi 1984 dan 2004.

Namun, pada dua penampilan terakhirnya, Tim Naga selalu berhasil melaju ke perempat final, yakni pada edisi 2015 dan 2019. Catatan ini membuktikan kualitas tim asal Negeri Tirai Bambu itu bisa bersaing.

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala Asia 2023

Video Populer

Foto Populer