Sukses


Rapor Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023: Tak Semuanya Dapat Kesempatan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menyelesaikan persiapan menuju Piala Asia 2023. Tim Merah Putih sudah menjalani tiga laga uji coba jelang berlaga di turnamen itu.

Sayangnya, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan dari tiga pertandingan tersebut. Tim asuhan Shin Tae-yong dua kali menelan kekalahan dari Timnas Libya.

Saat menghadapi Timnas Iran, Selasa (9/1/2024), Timnas Indonesia pun tak berdaya. Mereka kalah dengan skor telak 0-5 dalam laga yang digelar di Qatar itu.

Bola.com coba memberikan nilai kepada para pemain naturalisasi setelah Timnas Indonesia menjalani tiga laga uji coba jelang berlaga di Piala Asia 2023. Bagaimana rapor mereka?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Ivar Jenner - 7,5

Ivar Jenner menjadi pemain naturalisasi dengan performa paling apik selama masa persiapan menuju Piala Asia 2023. Jenner mampu menjadi gelandang tengah dengan baik.

Ivar Jenner memberikan satu assist untuk Yakob Sayuri pada laga kedua melawan Libya. Laga itu juga menjadi penampilan terbaik Jenner selama masa persiapan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023.

3 dari 9 halaman

Rafael Struick - 6,5

Shin Tae-yong kerap memasang Rafael Struick di posisi nomor sembilan. Namun, pemain Ado Den Haag tersebut masih tampak kesulitan.

Tak ada gol yang bisa dicetak Struick dalam tiga laga uji coba itu. Meski demikian, pergerakannya di depan terutama dalam membuka ruang lumayan bisa diapresiasi.

4 dari 9 halaman

Jordi Amat - 6,5

Jordi Amat sempat membuat blunder pada laga perdana melawan Libya. Namun, Amat tetaplah pemain senior dengan segudang pengalaman.

Meski terkadang terlihat tak begitu cepat, pemain satu ini bisa dengan baik memimpin rekan-rekannya di lini belakang Timnas Indonesia.

5 dari 9 halaman

Justin Hubner - 6,5

Justin Hubner adalah seorang bek tengah. Namun, Shin Tae-yong lebih suka memasangnya di posisi gelandang bertahan untuk menemani Ivar Jenner.

Justin Hubner potensial untuk menjadi gelandang bertahan bagus. Meski harus diakui ia masih harus bekerja dengan sangat keras untuk mencapai level itu.

6 dari 9 halaman

Elkan Baggott - 6,5

Trio Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott tampaknya akan dipilih Shin Tae-yong di sepanjang Piala Asia 2023. Baggott menunjukkan kepiawaian di udara.

Namun, kelemahannya dalam hal kecepatan masih terlihat selama persiapan menuju Piala Asia 2023. Baggott juga masih kerap panik ketika menghadapi lawan pada situasi satu lawan satu.

7 dari 9 halaman

Marc Klok - 6

Marc Klok sempat menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Namun, belakangan Klok mulai dicadangkan.

Gelandang Persib Bandung itu hanya sekali menjadi starter dalam masa persiapan menuju Piala Asia 2023. Yakni ketika laga perdana melawan Libya.

8 dari 9 halaman

Sandy Walsh - 6

Sandy Walsh sangat dominan bersama KV Mechelen di Belgia. Walsh tampak solid di posisi bek kanan.

Namun, sejauh ini dia masih kesulitan beradaptasi di Timnas Indonesia. Ketika Asnawi Mangkualam cedera, Shin Tae-yong lebih suka memasang Yakob Sayuri ketimbang dirinya.

9 dari 9 halaman

Shayne Pattynama -

Pemain satu ini sebenarnya diharapkan menjadi andalan baru di lini belakang, terutama di sisi kiri. Namun, Shayne Pattynama sejauh ini masih belum bisa membuktikan kualitasnya.

Dalam persiapan Piala Asia 2023, Pattynama pun tak maksimal. Ia bahkan harus kembali ke rumah untuk menjaga ibunya yang tengah sakit. 

Video Populer

Foto Populer