Sukses


Kandas di Piala Asia 2023, Posisi Vietnam dan Malaysia di Ranking FIFA Melorot 5 Peringkat

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam dan Timnas Malaysia kandas pada fase grup Piala Asia 2023. Hasil minor tersebut turut memengaruhi posisi kedua tim di ranking FIFA.

Vietnam tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Timnas Indonesia. Berada di grup maut, Timnas Vietnam diprediksi mampu lolos ke-16 besar Piala Asia 2023, minimal sebagai satu di antara peringkat tiga terbaik.

Namun pada kenyataannya, tim yang dijuluki The Golden Star Warriors tersebut menelan kekalahan dalam dua laga yang dijalani di Grup D. Mereka menyerah 2-4 dari Timnas Jepang dan takluk 0-1 dari Timnas Indonesia.

Hasil tersebut membuat Timnas Vietnam berada di dasar Grup D Piala Asia 2023 dengan nol poin. Hanya menyisakan satu pertandingan lagi, Vietnam dipastikan angkat koper dari Piala Asia 2023.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Timnas Malaysia Tak Berkutik

Di sisi lain, Timnas Malaysia menatap serius perhelatan Piala Asia 2023. Bahkan, Tim Harimau Malaya diperkuat 14 pemain naturalisasi dan keturunan.

Berbekal kekuatan tersebut, Malaysia berambisi merebut tiket lolos ke-16 besar Piala Asia 2023. Sayangnya, tim asuhan Kim Pan-gon itu gagal merealisasikan target tersebut.

Dari dua pertandingan yang sudah dijalani di Grup E, Timnas Malaysia tak mampu meraup tiga poin dan juga membobol gawang lawan. Malaysia dihajar Yordania empat gol tanpa balas, dan takluk 0-1 dari Bahrain.

Dua kekalahan tersebut membuat Timnas Malaysia kini menghuni posisi terbawah di Grup E dengan nir poin. Torehan tersebut membuat Tim Harimau Malaya dipastikan pulang kampung.

 

3 dari 4 halaman

Posisi di Ranking FIFA Melorot

Rapor merah pada Piala Asia 2023 memengaruhi posisi kedua tim di ranking FIFA. Timnas Vietnam kehilangan 29,73 poin akibat menelan tiga kekalahan beruntun, termasuk dua laga di Piala Asia 2023.

Akibatnya, posisi mereka kini di ranking FIFA melorot ke urutan 99, turun lima peringkat dari urutan sebelumnya.

Tak jauh berbeda dengan Vietnam, Timnas Malaysia juga mengalami penurunan peringkat. Tim Harimau Malaya kehilangan 24,57 poin karena menelan dua kekalahan serta sekali imbang dari tiga laga terakhir.

Malaysia pun kini menempati urutan ke-135 ranking FIFA, turun lima posisi dari tempat sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Terdongkrak

Sementara itu, Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan Vietnam pada partai kedua Grup D Piala Asia 2023 mengalami kenaikan peringkat. Tim Garuda menempati urutan ke-142, naik empat level dari posisi sebelumnya.

Timnas Indonesia mampu meraih 10,23 poin, hasil dari satu kemenangan dan menelan empat kekalahan dari lima pertandingan terakhir diseluruh ajang.

Namun, ranking ini bukan pemeringkatan resmi dari FIFA, melainkan perhitungan yang dilakukan Football Ranking. FIFA terakhir kali merilis peringkat resmi pada 21 Desember 2023.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer