Sukses


Piala Asia 2023: 3 Pemain Jepang yang Bisa Bikin Timnas Indonesia Pontang-Panting

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dan Jepang akan saling mengadu nasib pada matchday 3 Grup D Piala Asia 2023. Kalah, maka peluang untuk lolos ke fase 16 besar bakal mengecil.

Saat ini, Jepang masih duduk di atas Timnas Indonesia karena unggul selisih gol dengan poin sama, yakni tiga. Maka dari itulah pertemuan kedua kesebelasan pada Rabu, 24 Januari 2024 akan menjadi penentu nasib mereka di Piala Asia 2023.

Saat ini Timnas Indonesia duduk di posisi ketiga klasemen Grup D Piala Asia 2023. Dengan torehan 3 poin, mencetak dua gol, dan selisih gol -1, anak asuh Shin Tae-yong nangkring di posisi kedua peringkat tiga terbaik di bawah Bahrain.

Perlu diketahui, empat dari enam tim peringkat tiga dari tiap grup berhak lolos ke fase 16 besar Piala Asia 2023. Buat Timnas Indonesia, kans untuk lolos sebagai runner-up sebenarnya masih terbuka, namun semua bergantung pada hasil melawan Jepang.

Yang jelas, menghadapi Jepang bukanlah perkara sepele. Dikenal sebagai satu di antara tim Asia yang sanggup bersaing di panggung elite dunia, tim berjulukan Samurai Biru ini memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjungkalkan Timnas Indonesia. Berikut ini ulasannya:

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Wataru Endo

Meskipun bukan rekrutan musim panas yang diharapkan oleh pendukung Liverpool, Wataru Endo mulai menunjukkan kualitasnya di Anfield. Gelandang Jepang ini semakin berkembang untuk The Reds dan mulai menjadi opsi rotasi penting bagi Jurgen Klopp.

Momentum itu tentunya bakal coba dilanjutkan Endo di Piala Asia 2023. Apalagi ia menjabat sebagai kapten Jepang.

Menempati posisi krusial di lini tengah Samurai Biru, Wataru Endo wajib mendapatkan pengawalan ketat. Ia bisa tiba-tiba merangsek ke area berbahaya lawan baik itu pergerakan tanpa bola maupun memberikan terobosan memanjakan buat rekan-rekannya di lini depan.

3 dari 4 halaman

Ritsu Doan

Jepang tampil sensasional di Piala Dunia 2022. Berada di grup neraka bersama Spanyol dan Jerman, mereka justru lolos ke fase knockout sebagai juara grup.

Ritsu Doan kebetulan menyumbangkan satu gol ketika Jepang mengalahkan Jerman dan Spanyol dengan skor sama 2-1. Catatan pemain berusia 25 tahun ini di ajang Liga Europa bersama Freiburg bahkan lebih senasional lagi. 

Dia sudah mencetak dua gol dan tiga assists dari enam pertandingan fase grup dan membawa Freiburg lolos ke fase playoff knockout sebagai runner-up Grup A. 

Ritsu Doan tentunya bakal jadi andalan Hajime Moriyasu pada Piala Asia 2023 Qatar. Kecepatan dan keberanian melakukan tendangan dari luar kotak penalti jadi kelebihan pemain yang berposisi sebagai winger ini. 

4 dari 4 halaman

Takumi Minamino

Takumi Minamino menyebut Piala Asia sebagai turnamen yang penting. Menurut Takumi Minamino, turnamen itu tak ada gunanya kecuali bisa memenanginya.

Ambisi itulah yang membuat mantan winger Liverpool tersebut bermain gemilang selama Piala Asia 2023. Pada laga melawan Vietnam, Minamino membuat dua gol dengan cara istimewa.

Jika tidak dikawal betul, bukan tidak mungkin Minamino bakal bikin lini pertahanan Timnas Indonesia pontang-panting dibuatnya.

Video Populer

Foto Populer