Sukses


Bola.net dan Bola.com Raih Juara pada Lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17 Indonesia 2023

Bola.com, Jakarta - Dua jurnalis Bola.com dan Bola.net, Afdholud Dzikry dan Wiwig Prayugi, meraih juara pada Lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Ketua Asprov PSSI Jawa Timur, Ahmad Riyadh UB, PhD memberikan langsung hadiah juara pada Senin (29/1/2024), di Surabaya.

Afdhol, sapaan karib Afdholud, adalah dua dari tujuh pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalis Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Jurnalis Bola.net itu menang setelah karyanya yang berjudul 'Warisan Piala Dunia U-17 untuk Indonesia: Pengamanan Ramah, Teknologi Memudahkan, dan Alasan Mengapa Mimpi Tak Boleh Berhenti' memiliki poin tertinggi dalam penilaian.

"Sebagai apresiasi yang cukup membanggakan bagi saya. Alhamdulillah, ini menjadi penyemangat saya untuk terus berkarya. Terima kasih Asprov PSSI Jatim atas apresiasinya," kata Afdhol.

Sementara itu, Wiwig Prayugi, wartawan senior Bola.com yang turut berpartisipasi pada Lomba Karya Jurnalistik Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 mendapatkan juara harapan dari Asprov Jatim dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jatim.

Riyadh mengatakan, akan membawa kegiatan lomba karya tulis ini ke rapat PSSI sebagai masukan untuk federasi. "PSSI menilai penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Jawa Timur relatif berjalan baik, kecuali masalah transportasi di hari pertama. Setelah itu, kita penyelenggara terbaik dari seluruh daerah penyelenggara. Ditambah dengan adanya lomba ini, sepertinya ini menjadi nilai plus buat PSSI Jatim," ujar Riyadh.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Objektivitas Lewat Skrining Ketat

Sementara itu, salah satu dewan juri lomba, Joko Tutuko Abdul Latif mengatakan, penentuan pemenang lomba karya tulis jurnalistik Piala Dunia U-17 ini cukup ketat.Pasalnya, setiap karya harus melalui sejumlah skrining dan verifikasi hingga terpilih tiga besar dan empat juara harapan.

"Ada 20 karya yang kami nyatakan tidak lolos skrining awal karena tulisan berbentuk straight news. Sebanyak 60 karya lainnya kita cermati betul dari tiga aspek penilaian yang kami jadikan acuan," paparnya.

Setelah itu, ketiga dewan juri yang terdiri dari Ahmad Riyadh selaku ketua dewan juri, Wartawan Olahraga Senior, Joko Tutuko Abdul Latif, dan Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, harus menggelar tiga kali pertemuan untuk melakukan penilaian.

"Alhamdulillah, di pertemuan ketiga kami bertiga memiliki penilaian yang nyaris sama terkait tujuh karya yang akhirnya menjadi pemenang," ujar Joko.

Sementara itu, Lutfil Hakim memuji seluruh karya yang lolos verifikasi, terutama yang terpilih sebagai pemenang. Pasalnya, seluruhnya cukup bagus.

"Terutama pemahaman materinya, serta gagasan yang dituangkan. Ini bisa menjadi sumbangsih untuk kemajuan sepak bola Indonesia ke depan," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Para Pemenang

Juara dua diraih oleh Ahmad Zilky dari Kompas.com dengan judul 'Piala Dunia U-17 2023: Bangun Kepercayaan FIFA, Jalan Indonesia ke Sepak Bola Modern'. Dan Juara ketiga diraih oleh Fariz Yarbo dari Ngopibareng.id dengan karya berjudul 'Piala Dunia U-17, Aksi PSSI Wujudkan Transformasi'.

Sementara empat juara harapan diraih oleh M. Ikhsan Mahar dari Harian Kompas, Ali Mahrus dari Jawa Pos, Dwi Arifin dari Kempalan.id, dan Wiwiq Prayugi dari Bola.com.

Ketujuh pemenang ini selain menerima uang tunai, juga mendapatkan trofi serta sertifikat. "Selamat kepada pemenang. Terima kasih atas sumbangsih gagasan serta pemikiran mengenai sepak bola Indonesia ke depan yang tertuang dalam karya yang Anda buat," ujar Ahmad Riyadh.

Video Populer

Foto Populer