Sukses


Pelatih Bali United Kepincut dengan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Bola.com, Gianyar - Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 harus terhenti pada 16 besar. Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut harus angkat koper setelah kalah 0-4 dari Australia.

Meski tersingkir, performa Timnas Indonesia mendapat apresiasi. Apalagi pada babak pertama laga 16 besar, skuad Garuda bisa menyulitkan The Socceroos. Secara statistik, penampilan Marcelino Ferdinan dkk tidak terlalu buruk.

Mereka mampu melepaskan lima tembakan berbanding tujuh untuk Australia. Dalam hal penguasaan bola, Timnas Indonesia juga tidak mengecewakan dengan 48 persen berbanding 52 persen milik sang lawan.

Soal operan, Timnas Indonesia lebih baik. Dari 428 Kali operan, Tim Garuda memiliki persentasi lebih baik dibandingkan Australia, yakni 81 persen berbanding 80 persen.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kombinasi Mumpuni Pemain Lokal dan Naturalisasi

Ada kredit tersendiri untuk skuad Timnas Indonesia, terutama pemain naturalisasi seperti Justin Hubner, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, hingga Elkan Baggott.

Penampilan mereka bersanding dengan pemain-pemain lokal seperti Marselino Ferdinan, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, hingga Yakob Sayuri sukses menyihir publik. Meski tidak lolos ke-8 besar karena kalah 0-4 dari Australia, namun mereka mendapatkan tempat di hati pendukung Timnas Indonesia.

Posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA juga diprediksi terkatrol empat tingkat, dari posisi 146 ke urutan 142 berkat penampilan di Piala Asia 2023.

 

3 dari 5 halaman

Tampil Maksimal

Dengan situasi tersebut, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, ikut berkomentar. Diwawancarai pada Senin (29/1/2024) sore WITA, Teco menilai para pemain Timnas Indonesia sudah tampil maksimal di Piala Asia 2023.

Apalagi mampu lolos ke-16 Besar yang membuat Timnas Indonesia mencetak sejarah dalam pehelatan Piala Asia. "Pasti ada pemain bagus di timnas, bukan yang naturalisasi saja," ujar pelatih yang karib disapa Teco tersebut.

Teco pun sepertinya mulai kepincut dengan penampilan para pemain Timnas Indonesia terutama pemain naturalisasi. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jika ada pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang akan digaet Bali United.

 

4 dari 5 halaman

Kecocokan Nilai Kontrak

Bisa saja pada musim depan, karena bursa transfer pemain di BRI Liga 1 2023/2024 sudah ditutup. Misalnya Shayne Pattinama yang masa baktinya di Viking FK sudah berakhir pada Desember 2023.

Lalu ada penyerang Rafael Struick yang habis kontraknya bersama ADO Den Haag pada Juni 2024. Yang penting menurut Teco, ada kecocokan nilai kontrak antara pemain dengan manajemen.

Selain itu, apakah pemain tersebut mau bermain untuk Bali United di Liga 1 atau tetap berada di Eropa.

"Tetapi harus tahu pemain sudah selesai kontrak dengan tim sebelumnya. Mereka mau pindah main di Bali atau tidak. Kami juga perlu tahu dari manajemen tim juga punya budget berapa buat bayar pemain sesuai skema tim nantinya," tutupnya.

 

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer