Sukses


BRI Liga 1: Taisei Marukawa Pecah Telur ke Gawang Persebaya di Hari Ulang Tahun

Bola.com, Surabaya - Taisei Marukawa menjalani momen istimewa. Winger PSIS Semarang itu akhirnya bisa membobol gawang Persebaya yang merupakan mantan klubnya.

Momen itu terjadi saat kedua tim berjumpa dalam laga tunda pekan ke-20 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (30/1/2024).

Itu jadi kali pertama pemain asal Jepang itu menjebol gawang Persebaya. Sebelumnya, Taisei Marukawa berjumpa tim Bajul Ijo sebagai pemain PSIS dalam tiga pertandingan. Namun, dia belum berhasil mencetak gol.

Menariknya, gol ke gawang Persebaya ini sekaligus menandai hari ulang tahunnya. Taisei Marukawa genap berusia 27 tahun pada hari ini, Selasa, 30 Januari 2024.

Meski demikian, Marukawa memilih untuk tidak melakukan selebrasi setelah mencetak gol di menit ke-20 itu. Kenapa?

"Saya senang mencetak gol saya di hari ulang tahun. Persebaya mantan klub saya dan saya menaruh rasa hormat sehingga tidak melakukan selebrasi," ungkap Marukawa setelah pertandingan.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hijrah ke PSIS

Taisei Marukawa melakoni musim debut di Indonesia bersama Persebaya pada Liga 1 2021/2022. Dia mampu tampil impresif dengan membukukan 17 gol dan 10 assist dalam 32 penampilan BRI Liga 1.

Catatan statistik itu cukup untuk menunjukkan bahwa Marukawa adalah pemain yang layak mendapatkan gelar pemain terbaik Liga 1. Hal itu lantas membuatnya menjadi buruan banyak klub.

Memasuki Liga 1 2022/2023, dia memilih bergabung dengan PSIS Semarang. Keputusannya saat itu membuat kecewa Bonek hingga menjulukinya dengan sebutan Moneykawa.

 

3 dari 4 halaman

Gara-Gara Hujan

Pertandingan kali ini jadi pertemuan yang spesial buat Marukawa melawan Persebaya. Di tengah guyuran hujan deras, duel berlangsung sengit hingga berakhir 1-1 berkat gol balasan tuan rumah yang dicetak oleh Andre Oktaviansyah.

"Saya pikir hujan membantu Persebaya karena babak kedua kami tidak bisa memainkan bola seperti yang kami inginkan," ujar Taisei Marukawa.

Menariknya, Marukawa menghadapi bek kanan Catur Pamungkas sepanjang laga. Menempati posisi winger kiri, dia kesulitan menembus pertahanan Persebaya.

"Dia (Catur Pamungkas) sangat baik dan susah buat saya. Saya pikir seri bagus buat kami. Saya tahu kami ingin menang," ujar Taisei Marukawa.

Tambahan satu poin tidak mengubah posisi PSIS yang tetap di peringkat keempat klasemen sementara. Carlos Fortes dkk. kini mengoleksi 39 poin dalam 23 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Posisi PSIS di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer