Sukses


Zainudin Amali Yakin Pemain Abroad Bisa Perkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024: Ada Erick Thohir, Mantan Presiden Inter Milan

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, yakin pemain yang berkarier di luar negeri dapat memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Timnas Indonesia U-23, yang dipimpin Shin Tae-yong, bakal berkancah di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April-3 Mei 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu tergabung dalam Grup A.

Grup A, yang notabene grup berat tersebut, diisi oleh Timnas Indonesia U-23, tuan rumah Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

Timnas Indonesia U-23 berpeluang dibela enam pemain abroad alumni timnas senior di Piala Asia 2023 Qatar yang masih berusia di bawah 23 tahun.

2 dari 5 halaman

Enam Pemain Abroad U-23

Keenamnya adalah Justin Hubner yang berumur 20 tahun, Ivar Jenner 20 tahun, Pratama Arhan 22 tahun, Rafael Struick 20 tahun, Marselino Ferdinan 19 tahun, dan Elkan Baggott 21 tahun.

Namun, pemanggilan keenam pemain itu ke Timnas Indonesia U-23 bisa saja enggan disetujui klub masing-masing. Sebab, Piala Asia U-23 2024 tidak masuk kalender FIFA.

Lantas, bagaimana rencana PSSI untuk mengantisipasi itu? Amali mengatakan bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir, telah membuka pembicaraan dengan klub-klub luar negeri.

3 dari 5 halaman

Bertemu Direktur Teknik Ipswich Town

Amali mencontohkan lobi-lobi Erick Thohir terhadap klub luar negeri seperti ketika berdiplomasi dengan Direktur Teknik Ipswich Town, klub Elkan Baggott, di Doha, Qatar, sewaktu Piala Asia 2023.

"Untuk klub di luar negeri, Ketua PSSI sedang berkomunikasi dengan klubnya. Sudah dilakukan. Di Doha, Ketua PSSI sempat ngobrol dengan Elkan Baggott dan Direktur Teknik Ipswich Town. Bagaimana caranya, akan dikomunikasikan, tutur Amali.

4 dari 5 halaman

Percaya Erick Thohir

Amali percaya penuh terhadap Erick Thohir dapat menemukan jalan terbaik untuk pemain abroad membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 mengingat rekam jejaknya sebagai mantan Presiden Inter Milan.

"Saya optimistis dengan komunikasi yang baik dari Ketua PSSI, pasti dilepas. Mudah-mudahan bisa. Bukan karena dia Ketua PSSI, tapi dia mantan Presiden Inter Milan dan komunikasinya luar biasa," ucap Amali.

5 dari 5 halaman

Pemain Dalam Negeri

Selain dengan klub pemain abroad, Amali mengungkapkan bahwa PSSI terus berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) perihal kemungkinan pemanggilan pemain BRI Liga 1 2023/2024 ke Timnas Indonesia U-23.

Masalahnya, jadwa; Piala Asia U-23 2024 berbenturan dengan BRI Liga 1. "Kami sudah berkomunikasi dengan PT LIB. Untuk dalam negeri, kami mencari jalan terbaik dan tentu memprioritaskan Timnas Indonesia U-23," terangnya.

Video Populer

Foto Populer