Sukses


Madam Pang Mundur dari Manajer Setelah Tersingkir dari Piala Asia 2023, Maju Jadi Presiden Federasi Sepak Bola Thailand

Bola.com, Bangkok - Media Thailand, Matichon, mengabarkan bahwa Nualphan Lamsam atau Madam Pang mundur dari manajer Timnas Thailand pasca-tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

Thailand harus pulang dari Piala Asia 2023 karena didepak Timnas Uzbekistan buntut kekalahan 1-2 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, pada Selasa (30/1/2024).

Madam Pang disebutkan melepaskan jabatannya sebagai manajer Thailand demi maju menjadi calon Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk menggantikan Somyot Poompanmoung.

Pemilihan Presiden FAT akan digelar pada 8 Februari 2024. "Diharapkan Madam Pang bakal terpilih tanpa persaingan apa pun," tulis Matichon dalam artikelnya yang terbit pada Rabu (31/1/2024).

2 dari 3 halaman

Kinerja Madam Pang

Matichon mengulas kinerja Madam Pang yang menjadi manajer Thailand selama dua setengah tahun sejak 23 Agustus 2021. Mulai dari melakukan pergantian pelatih hingga menebar bonus.

Selain itu, sebagai manajer Thailand, Madam Pang cukup berprestasi. Wanita berusia 57 tahun ini mempersembahkan dua gelar Piala AFF pada 2020 dan 2022.

"Melakukan pekerjaan dengan baik sebagai manajer tim. Terutama hal-hal di luar lapangan. Namun satu-satunya momen yang dilewatkan adalah saat uji coba Eropa memungkinkan beberapa klub mendominasi tim," imbuh Matichon.

3 dari 3 halaman

Kucurkan Bonus Rp24,7 Miliar

Dalam periode itu, Madam Pang juga mengguyur Thailand dengan bonus yang melimpah. Totalnya mencapai 55,8 juta baht atau setara dengan Rp24,7 miliar. Wow!

Khusus untuk Piala Asia 2023, Madam Pang diklaim memberikan bonus 5 juta baht (Rp2,2 miliar) kepada Theerathon Bunmathan dkk.

Madam Pang adalah miliarder dari Thailand. Wanita karier kelahiran Bangkokg pada 21 Maret 1966 ini juga menjabat sebagai CEO Muang Thai Insurance dan chairwoman dari klub Thailand, Port FC, yang baru saja merekrut kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Sumber: Matichon

Video Populer

Foto Populer