Sukses


BRI Liga 1: Ternyata Ini Alasan Ernando Ari Sutaryadi Belum Nongol di Latihan Persebaya Surabaya

Bola.com, Surabaya - Ernando Ari Sutaryadi masih belum terlihat dalam latihan Persebaya Surabaya. Kiper berusia 21 tahun itu absen saat timnya berlatih di Lapangan B Komplek Stadion GBT, Surabaya, Jumat (9/2/2024) sore.

Ernando Ari Sutaryadi memang sedang mengalami cedera yang didapatnya saat Persebaya menang 1-0 atas Bhayangkara FC, Minggu (4/2/2024).

Dalam laga itu, dia tidak bisa menyelesaikan pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024 tersebut.

Bajul Ijo melakukan pergantian penjaga gawang di pengujung laga dengan menarik keluar Ernando Ari dan memasukkan Andhika Ramdhani. Penyebabnya, Ernando mengalami cedera bahu di menit ke-87.

Itu bermula dari upaya Ernando mencoba mengantisipasi eksekusi tendangan bebas Matias Mier. Dia mengeluh kesakitan di bagian bahu dan ditandu keluar lapangan setelahnya.

Setelah tak muncul di latihan, ke mana Ernando? Apakah dia mengalami cedera parah? Pelatih Persebaya, Paul Munster menyatakan Ernando sedang berkumpul dengan keluarganya di Semarang.

"Ernando beberapa hari bersama keluarga juga karena sudah lama tidak bertemu keluarganya. Jadi saya akan menemuinya hari Senin, dia akan kembali ke sini untuk berlatih dan kita lihat bagaimana keadaannya," kata Paul Munster.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kondisi Ernando

Belum ada kepastian mengenai kondisi terkini Ernando Ari Sutaryadi. Apalagi, ini bukanlah kali pertama dia mengalami cedera bahu. Penjaga gawang Timnas Indonesia itu memerlukan waktu untuk pemuliham.

"Dia masih menjalani pemulihan dan saya masih berhubungan dengannya setiap hari. Saya tidak bisa memprediksi bagaimana keadaannya, kapan dia akan bermain atau kapan dia akan berlatih," ungkap Paul Munster.

"Kondisinya perlahan-lahan membaik. Namun secara bertahap, hari demi hari, saya terus berhubungan dengannya. Namun secara mental dia merasa baik. Jadi kami menjalani hari demi hari bersamanya," imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Baru Gabung Persebaya usai Bela Timnas Indonesia

Ernando sendiri sebenarnya baru saja bergabung kembali dari Timnas Indonesia. Dia merupakan kiper pilihan utama Timnas Indonesia sepanjang Piala Asia 2023 di Qatar.

Dia mencatatkan satu clean sheet, yakni saat skuat Garuda menang 1-0 atas Vietnam yang merupakan satu-satunya kemenangan di turnamen itu.

Kiper asli Semarang itu juga tampil saat Timnas Indonesia melakoni babak 16 besar melawan Australia (28/1/2024). Sayangnya, dia kebobolan empat gol dalam laga yang berakhir 4-0 untuk Australia itu.

Situasi itu memaksa Ernando absen dalam laga tunda pekan ke-20 kontra PSIS Semarang, Selasa (30/1/2024).

Padahal, dia sebenarnya merupakan putra asli Semarang. Duel ini seharusnya jadi kesempatan lagi buatnya menghadapi tim asal kota kelahirannya.

Sebagai pengganti, Andhika Ramadhani diturunkan dalam laga kontra PSIS yang berakhir 1-1. Duel itu memperpanjang rekor Persebaya menjadi 10 laga tanpa kemenangan secara beruntun di Liga 1 musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Akhiri Paceklik Kemenangan

Raihan tiga poin atas Bhayangkara akhirnya mengakhiri paceklik kemenangan Persebaya. Kali terakhir mereka menang terjadi saat Persebaya unggul 3-1 melawan Arema FC pada 23 September 2023.

Artinya, Persebaya sudah empat bulan lebih tidak merasakan tiga poin. Bahkan, rentetan hasil tanpa kemenangan itu dilewati sejak putaran pertama hingga memasuki putaran kedua, juga termasuk telah mengalami pergantian tahun.

Berkat tambahan tiga angka, Persebaya kini menduduki posisi ke-12 klasemen sementara. Mereka mampu mengoleksi 30 poin dalam 24 pertandingan yang telah dilakoni musim ini.

Persebaya sendiri akan melakoni dua pertandingan tandang secara beruntun pada pekan ke-25 dan ke-26. Mereka akan melawan ke markas Persita Tangerang (23 Februari) dan PSM Makassar (28 Februari).

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer