Sukses


Maarten Paes Bisa Membela Timnas Indonesia meski Pernah Bermain untuk Belanda U-21, Begini Celahnya

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes disebutkan masih bisa membela Timnas Indonesia meski pernah bermain untuk Timnas Belanda U-21 ketika telah berusia 21 tahun.

Maarten Paes, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS), tengah menjalani naturalisasi yang diajukan oleh PSSI untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Naturalisasi Maarten Paes secara hukum Indonesia kemungkinan akan berjalan lancar, tetapi tidak secara legal FIFA ketika PSSI memohon peralihan federasi dari Belanda.

Berdasarkan Statuta FIFA yang terbit terakhir pada 2022, Maarten Paes dapat terganjal Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berlaga untuk Belanda U-21 pada November 2020

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," tulis aturan tersebut.

Sebelumnya, Maarten Paes pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21.

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 ketika berlaga selama 90 menit melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

3 dari 5 halaman

Peluang Masih Ada

Ketika itu, Maarten Paes yang lahir pada 14 Mei 1998, telah berumur 22 tahun.

Anggota Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang pernah mengurus proses naturalisasi, Hasani Abdulgani, mengungkapkan bahwa Maarten Paes masih berpeluang bermain untuk Timnas Indonesia.

Bagaimana caranya? Hasani mengatakan bahwa ada ayat lain dalam Pasal 9 Statuta FIFA 2022 yang dapat membantu Maarten Paes.

4 dari 5 halaman

Penjelasan Hasani Abdulgani

"Benarkah Maarten Paes tidak bisa menjadi pemain Timnas Indonesia? Kalau berdasarkan kepada artikel sembilan ayat 2, benar dia tidak bisa karena pernah bermain untuk Belanda U-21 setelah September 2020," tulis Hasani dalam akun Instagramnya, @hasaniabdulgani, Minggu (12/2/2024).

"Ada ayat lain dalam Pasal 9 yang menyatakan pengecualian bagi mereka yang peraturan negaranya tidak mengenal dwi-kewarganegaraan."

"Oleh karenanya, menurut saya, Maarten Paes masih mempunyai kesempatan jika tim legal PSSI jeli melihat aturan, khususnya uraian di artikel sembilan Statuta FIFA tersebut. Good luck," jelas Hasani.

5 dari 5 halaman

Tetap Diproses

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memastikan bahwa proses naturalisasi Maarten Paes untuk menjadi WNI tetap jalan terus.

"Ini banyak banget isu yang berseliweran tentang Maarten Paes. Mungkin ada seorang pengamat sepak bola yang menyampaikan. Kami meluruskan," imbuh Arya pada beberapa waktu lalu.

"Ya memang ada kendala di sana karena pada usia 22 tahun masih membela satu negara anggota FIFA. Tapi, PSSI saat ini tetap memproses Maarten Paes sampai mendapatkan WNI."

"Setelah itu baru langkah-langkah berikutnya bisa dilakukan. Jadi tahapan-tahapan apakah kami berunding atau melakukan proses-proses yang sudah sesuai dengan ketentuan FIFA akan kami lakukan, tapi dengan syarat Maarten Paes harus tetap diproses sampai WNI."

"PSSI hanya bisa melakukan langkah dan tahapan proses ke FIFA lebih lanjut untuk challenge regulasi mereka dengan cara Maarten Paes menjadi WNI. Kalau belum, kami tidak punya hak lebih jauh untuk itu," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer