Sukses


3 Kelemahan Vietnam yang Harus Dimanfaatkan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan kembali menghadapi Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ada beberapa kelemahan dari kubu lawan yang harus dimanfaatkan skuad Merah Putih.

Menurut jadwal, pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan berlangsung dua kali. Laga pertama berlangsung di markas skuad Garuda pada 21 Maret 2025.

Sementara itu, pertemuan berikutnya di markas The Golden Star berlangsung lima hari berselang, atau tepatnya pada 26 Maret 2024. Dua laga ini sangat krusial untuk menentukan langkah skuad Garuda pada persaingan Grup F.

Shin Tae-yong memang memiliki modal yang berharga untuk menundukkan Vietnam karena pernah melakukannya pada fase grup Piala Asia 2023. Dari laga ini, ada banyak kelemahan yang bisa dimaksimalkan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Level Kebugaran Pemain

Salah satu penyebab kegagalan Timnas Vietnam pada ajang Piala Asia 2023 salah satunya bersumber pada kualitas kebugaran. Hal itulah yang setidaknya diakui sang juru taktik, Philippe Troussier.

Pelatih asal Prancis itu mengatakan, anak asuhnya hanya bisa menjaga intensitasnya tetap tinggi selama 60 hingga 70 menit. Artinya, Vietnam masih belum mampu mempertahankan intensitas itu hingga akhir laga.

Padahal, gaya permainan yang diterapkan Philippe Troussier sangat bertumpu pada intensitas tinggi. Ketika tidak menguasai bola, pemain harus tetap bergerak agar bisa menghalau serangan lawan.

3 dari 4 halaman

Dihantui Rekor Negatif

Sebelum lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, anak asuh Philippe Troussier bisa dibilang tak baik-baik saja. Mereka dihantui catatan rekor yang kurang memuaskan selama beberapa laga terakhir.

Di Piala Asia 2023, Vietnam harus menelan tiga kekalahan melawan Jepang (2-4), Indonesia (0-1), dan Irak (2-3). Sebelumnya, mereka juga sempat digebuk Kirgizstan (1-2) pada pertandingan uji coba.

Adapun pada dua pertandingan awal Kualifikasi Piala Dunia 2026, The Golden Star sempat takluk 0-1 dari Irak. Mereka sebelumnya memang berhasil menang dua gol tanpa balas atas Filipina.

Selain itu, mereka sempat kalah tiga kali beruntun melawan raksasa-raksasa Asia, yakni Korea Selatan (0-6), Uzbekistan (0-2), dan China (0-2).

4 dari 4 halaman

Mudah Terpancing Emosi

Salah satu karakter yang kerap diperlihatkan Timnas Vietnam saat berjumpa Indonesia ialah permainan keras dan kasar dari para pemainnya. Saat terakhir kali berjumpa di Piala Asia 2023, hal yang sama masih juga terlihat.

Efek dari permainan semacam ini memang sering memakan korban. Pada pertemuan terakhir, Le Pham Thanh harus diusir oleh wasit karena mendapatkan dua kartu kuning. Padahal, pemain ini baru memulai laga pada babak kedua.

Para pemain Vietnam yang sering bermain kasar dan mudah terpancing emosinya inilah yang mesti dieksploitasi oleh skuad asuhan Shin Tae-yong pada saat berjumpa di Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti.

Video Populer

Foto Populer