Sukses


Komentar dan Harapan Sejumlah Pemain Naturalisasi tentang Pemilu 2024: Siapapun Presiden Terpilih Bisa Bawa Indonesia Semakin Maju

Bola.com, Jakarta - Hajatan akbar pesta demokrasi di Indonesia telah berlangsung pada Rabu (14/2/2024). Pemilu Presiden dan Legislatif 2024 tidak hanya milik mereka yang lahir dan besar di Indonesia.

Para pemain naturalisasi juga punya hak pilih seperti warga negara Indonesia (WNI) lainnya. Beberapa pemain naturalisasi cukup antusias memberikan hak pilihnya dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

Sebagai warga negara yang baik, mereka tidak ingin absen dalam pesta demokrasi tahun ini. Para pemain tersebut juga mengajak masyarakat untuk mempergunakan hak pilihnya.

Berikut Bola.com menyajikan beberapa komentar dari para pemain naturalisasi yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Esteban Vizcarra

Gelandang PSS Sleman, Esteban Vizcarra merupakan satu di antara pemain naturalisasi yang menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024. Pemilihan kali ini bukan yang pertama buat Vizcarra.

Resmi menjadi WNI pada awal 2018, gelandang berusia 37 tahun itu telah ikut mencoblos pada Pemilu 2019 silam. Nah, di Pemilu kali ini, Esteban Vizcarra pun tak ingin kehilangan hak pilihnya.

"Saya ikut pemilu di rumah saya di Bogor, kebetulan TPS-nya berada di halaman rumah mertua. Saya sudah selesai mencoblos lima surat suara yang diberikan kepada saya," ujar Esteban Vizcarra kepada Bola.com, Rabu (14/2/2024) siang.

"Harapannya di pemilu Indonesia kali ini semoga siapapun yang terpilih nantinya bisa bekerja dengan baik serta membawa Indonesia lebih baik untuk seluruh rakyatnya. Semoga juga bisa memajukan prestasi olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Beto Goncalves

Pesta demokrasi Pemilu 2024 menjadi yang kedua bagi mantan penyerang Timnas Indonesia, Beto Goncalves. Pada Pemilu 2019 lalu, pemain PSBS Biak itu juga ikut menggunakan hak suaranya.

Pemain berusia 43 tahun itu sudah berstatus WNI pada awal 2018, setelah 12 tahun berkarier di Indonesia. Beto Goncalves yang ber-KTP Palembang menggunakan hak pilihnya di Tangerang.

"Sekarang saya nyoblos yang kedua, saya nyoblos di Tangerang di perumahan saya karena saya punya KTP Palembang jadi nyoblosnya agak siang," katanya saat berbincang dengan Bola.com pada Rabu (14/2/2024) pagi.

"Semoga Presiden yang akan menang bisa kerja baik untuk negara kita, bisa juga jujur dan berusaha untuk negara kita maju. Untuk sepak bola dia bisa lebih memperhatikan lagi agar sepak bola kita bisa tambah maju,".

"Bisa semakin baik untuk liga dan tim nasisonal, semoga Presiden baru bisa membuat negara ini lebih jaya karena kita sudah lumayan maju. Mudah-mudahan dia tetap berusaha untuk bikin semakin maju," lanjut Beto.

4 dari 5 halaman

Marc Klok

Harapan yang sama juga diapungkan gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok. Lantas, apa kata Klok untuk Presiden Indonesia terpilih di Pemilu 2024?

"Bagi saya yang terpenting adalah Indonesia saat ini sedang dalam proses meningkat dan semuanya makin membaik. Dari ekonomi, lalu sepak bola juga menjadi lebih bagus. Penting kita semua maju terus dan Indonesia makin bagus," ucap Marc Klok.

"Namun, saya pikir yang penting negara kita naik terus dan siapapun yang menang nanti semoga dia kasih yang terbaik buat negara ini," tambah pemain Persib Bandung itu.

5 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

Rekan Marc Klok di Persib Bandung, Victor Igbonefo juga tak ketinggalan berpartisipasi dalam Pemilu kali ini. Berbeda dengan Klok yang baru kali pertama nyoblos, bek berusia 38 tahun itu telah mengikuti dua pemilihan sebelumnya yakni pada 2014 dan 2019.

Victor Igbonefo berharap siapapun yang terpilih nanti sebagai Presiden RI bisa melanjutkan semua program yang sudah dibangun oleh pemerintah saat ini.

"Kalau melihat pemerintah saat ini cukup bagus, terutama di Bandung. Kami bisa menikmati kereta cepat. Saya akan memilih karena saya punya KTP Jakarta," papar Victor Igbonefo.

"Harapan saya untuk Presiden berikutnya tetap melanjutkan program infrastruktur di Indonesia karena itu bagus dan olahraga semakin bagus, terutama orang yang suka sepak bola dan hadir di pertandingan Timnas Indonesia seperti Presiden yang sekarang," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer