Sukses


Media Vietnam Soroti Kegagalan di Piala Asia 2023 Sebelum 2 Kali Jumpa Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam hancur lebur di Piala Asia 2023. Mereka selalu kalah dalam tiga laga fase grup, yakni kontra Jepang (2-4), Timnas Indonesia (0-1), dan Irak (2-3).

Momok mengerikan justru muncul saat Vietnam berhadapan dengan Timnas Indonesia pada 19 Januari 2024. Sebab, itu jadi satu-satunya pertandingan bagi Vietnam gagal mencetak gol, berbeda saat bersua Irak maupun Jepang.

Kini, mereka akan menatap babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Menariknya, Vietnam akan berjumpa dua kali dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F, masing-masing pada 21 dan 26 Maret 2024.

Vietnam mendapatkan hasil yang cukup apik dalam dua pertandingan sebelumnya dengan mengoleksi tiga poin. Mereka menang 2-0 atas Filipina (16 November 2023) sebelum akhirnya kalah 0-1 kontra Irak (21 November 2023).

2 dari 4 halaman

Semestinya Menang

Kini, menghadapi Timnas Indonesia seharusnya bukan kendala buat Vietnam. Sebab, Timnas Indonesia masih menduduki peringkat FIFA ke-146, bandingkan dengan Vietnam di posisi ke-94.

Namun, hasil pertemuan di Piala Asia lalu sepertinya membuat Vietnam berpikir ulang untuk meremehkan Timnas Indonesia. Media Vietnam, Soha, mulai berhitung kans timnasnya untuk bisa lolos babak berikutnya di kualifikasi Piala Dunia 2016.

“Pada kualifikasi Piala Dunia 2026, jika satu tempat di babak kualifikasi ketiga disediakan untuk tim Irak yang sangat kuat, maka tim Vietnam memiliki keunggulan di sisa tempat setelah dua putaran dengan masing-masing 3 poin dibandingkan Indonesia dan Filipina hanya 1 poin,” tulis mereka.

3 dari 4 halaman

Teori

“Secara teori, peringkat kedua akan menjadi pertarungan antara Vietnam dan Indonesia. Sebab, pertemuan kedua tim pada 21 dan 26 Maret hampir menentukan pemilik tiket kedua babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.”

“Jika keputusan tidak dapat diambil setelah dua pertandingan tersebut, Tim Nasional Vietnam akan menjalani dua pertandingan penting di bulan Juni masing-masing melawan Filipina pada 6 Juni dan Irak pada 11 Juni.”

Timnas Vietnam tampaknya mulai serius untuk mempertimbangkan pertemuan dengan Timnas Indonesia pada Maret nanti. Mereka tak ingin kehilangan poin untuk setidaknya menduduki posisi runner-up di bawah Irak.

4 dari 4 halaman

Peluang 6 Poin

Jika kalah pada Maret nanti, itu artinya Vietnam membiarkan Timnas Indonesia menambah enam poin. Situasi itu tentu akan semakin menyulitkan mereka.

Selain dua pertandingan beruntun kontra Timnas Indonesia, Vietnam masih akan menghadapi Filipina (6 Juni 2024) dan Irak (11 Juni 2024). Filipina mungkin masih bisa diatasi, tapi Irak tentu bukanlah tim yang mudah dikalahkan.      

Video Populer

Foto Populer