Sukses


BRI Liga 1: Ramadhan Sananta Pulih dari Cedera, tapi Ada Syaratnya Sebelum Bisa Berlatih Bersama Persis Solo

Bola.com, Solo - Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, sudah pulih dari cedera dan bisa kembali berlatih. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa bergabung dengan latihan tim.

Setelah sempat absen sepulang dari Piala Asia 2023, Ramadhan Sananta memang baru bisa kembali berlatih pada Senin (12/2/2024). Dia harus melewatkan beberapa pertandingan yang dilakoni Persis Solo.

Laga-laga yang dimaksud ialah ketika Laskar Sambernyawa menghadapi Madura United pada pertandingan tunda pekan ke-21. Dia juga tak dibawa ketika Persis melakoni laga tandang ke markas Persib Bandung pada pekan ke-24.

Absennya Ramadhan Sananta tak terlepas dari kondisi cedera yang dialaminya bersama Timnas Indonesia. Dia membutuhkan waktu istirahat untuk menyembuhkan masalah yang ditemukan pada bagian pinggangnya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cedera Karena Over-Use

Dokter Tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, menjelaskan bahwa cedera yang dialami Sananta tak terlepas dari jadwal padat yang dilalui penyerang berusia 21 tahun itu sejak pertengahan tahun lalu.

Setelah membantu Timnas U-23 meraih medali emas SEA Games 2023, dia lalu menjalani persiapan pramusim bersama Persis Solo. Sananta juga sempat melewati agenda padat seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 6-12 September 2024.

Setelah itu, dia bolak balik memperkuat Laskar Sambernyawa di BRI Liga 1 2023/2024, lalu kembali tampil di Asian Games 2022. Itu belum termasuk agenda-agenda Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Ramadhan Sananta cedera karena mengalami over-use. Sebab, dari bulan Juni 2023 sampai sekarang dia terus bermain untuk tim nasional, kembali ke Persis, main bersama Timnas lagi,” ujar Iwan.

3 dari 4 halaman

Lewati Prosedur Penting

Jadwal padat inilah yang membuat bekas pemain PSM Makassar itu kelelahan hingga akhirnya gagal memperkuat skuad Garuda di Asian Games 2023. Sepulang dari agenda itu, dia mendapat jatah libur nyaris dua pekan untuk beristirahat.

Sananta juga masih harus berjuang melewati beberapa syarat sebelum bisa gabung latihan di bawah asuhan Milomir Seslija. Iwan mengatakan, ada tes fisik yang harus dilakukan pemain nomor punggung 99 itu sebelum bisa gabung tim.

“Sehingga, kemarin saat Piala Asia 2023 sudah selesai, kami meliburkan Sananta agar beristirahat di rumah selama 10 hari,” ujar Iwan.

“Saat ini, dia sudah bergabung latihan. Tentu saja, dia harus menjalankan tes fisik terlebih dahulu dengan pelatih fisik dan fisioterapi sebelum kembali berlatih bersama tim,” ia melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Tengok Posisi Persis Solo Musim Ini

Video Populer

Foto Populer