Sukses


Eks Winger Persebaya Hebohkan Liga Champions Asia, Selamatkan Klub Thailand dari Kekalahan

Bola.com, Jakarta - Nama Mahmoud Eid sedang menjadi perbincangan hangat di level Asia. Penyebabnya, eks winger Persebaya Surabaya itu memberi kontribusi penting untuk klubnya di Liga Champions Asia 2023/2024.

Saat ini, Mahmoud Eid berseragam Bangkok United, klub Thai League 1. Pada musim ini, winger berpaspor Palestina itu tampil di Liga Champions Asia 2023/2024 bersama Bangkok United.

Nah, Bangkok United berhasil menembus 16 besar Liga Champions Asia dengan status juara Grup F. Pada 16 besar, klub berjulukan Bangkok Angels itu berjumpa dengan wakil Jepang, Yokohama F. Marinos.

Duel leg pertama membuat Bangkok United lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah yang berlangsung di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Rabu (14/2/2024).

Mahmoud Eid sebenarnya tidak masuk starting eleven pada laga itu. Ketika dia masih duduk di bangku cadangan, Bangkok United tertinggal 0-2 dari Yokohama. Babak pertama berakhir 1-2 berkat gol balasan Nitipong Selanon.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Selamatkan Bangkok United dari Kekalahan

Mahmoud Eid baru masuk di menit ke-58 menggantikan Chayawat Srinawong. Selama waktu yang tersisa, para pemain Bangkok United berusaha menyelamatkan timnya dari kekalahan, apalagi tampil di hadapan pendukung sendiri.

Sayangnya, tak ada gol yang tercipta sampai 90 menit waktu normal. Baru saat memasuki injury time, stadion bergemuruh. Adalah Mahmoud Eid yang mencetak gol untuk Bangkok United dan membuat skor menjadi 2-2.

Hasil ini menjaga asa Bangkok United untuk bisa melaju ke perempat final Liga Champions Asia. Mereka dijadwalkan melawat ke markas Yokohama F. Marinos di Jepang pada 21 Februari 2024.

3 dari 6 halaman

Mirip Zlatan Ibrahimovic

Jauh sebelumnya, nama Mahmoud Eid telah menjadi perbincangan di Indonesia dengan bergabung Persebaya pada awal 2020. Latar belakangnya sebagai pemain berpaspor Palestina cukup menarik perhatian.

Dia lahir dari orang tua asal Palestina yang menjadi imigran di Swedia. Mahmoud mengaku menjadi satu-satunya anak yang lahir di Swedia di keluarganya. Dia pun tercatat memiliki dua kewargengaraan.

Di sisi lain, dia juga dinilai memiliki kemiripan wajah dengan legenda Timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Hal itu membuatnya mudah dikenali di Indonesia.

Belum dua bulan membela Persebaya, Mahmoud Eid sudah mempersembahkan trofi turnamen pramusim. Saat itu, Tim Bajul Ijo mampu menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020.

4 dari 6 halaman

Cabut Gara-gara Pandemi

Pada musim itu pula, Persebaya Surabaya memasang target juara Liga 1 2020. Kehadiran Mahmoud Eid cukup menambah ganas lini depan Persebaya, apalagi sudah ada striker David da Silva. Jangan lupa juga gelandang Makan Konate yang saat itu berstatus kapten.

Sayangnya, pandemi COVID-19 membuat Liga 1 2020 dibatalkan. Kompetisi yang belum pasti selama lebih dari setahun membuat Mahmoud Eid terpaksa meninggalkan Persebaya.

Mahmoud tercatat hijrah ke Timur Tengah pada 2021 lalu. Dia pun sempat membela dua klub berbeda di dua negara, yakni Mesaimeer (Qatar) dan Al Muharraq (Bahrain).

5 dari 6 halaman

Gabung Klub Thailand

Memasuki 2022, Mahmoud Eid mencoba peruntungan di Thailand. Dia mulanya bergabung Nongbua Pitchaya pada putaran kedua Thai League 1 2021/2022. Dia mampu mencetak tiga gol dalam 12 pertandingan.

Baru pada musim 2022/2023, dia memutuskan bergabung dengan Bangkok United hingga sekarang. Di Thai League 1 2022/2023, Mahmoud Eid membantu klubnya menjadi runner-up sekaligus mendapat tiket berlaga di Liga Champions Asia musim ini.

Di Liga Champions Asia 2023/2024, Thailand mengirim tiga wakilnya yang menembus fase grup, yakni Bangkok United, Buriram United, dan BG Pathum United. Namun, hanya Bangkok United saja yang bisa melaju fase gugur.

6 dari 6 halaman

Tampil Reguler

Selama membela Bangkok United, Mahmoud Eid secara reguler banyak mendapat menit bermain. Bahkan, klubnya itu kini menduduki puncak klasemen Thai League 1 2023/2024.

Bangkok United mampu membukukan 37 poin dari 16 pertandingan. Mereka hanya sekali kalah, sisanya 11 laga berakhir kemenangan dan hanya empat yang seri. Hal itu membuat Mahmoud berpotensi besar menyumbang trofi liga domestik Thailand musim ini.

Video Populer

Foto Populer