Sukses


BRI Liga 1: Ditunjuk Menangani Arema FC, Widodo C Putro Memilih Tidak Lanjutkan Eksperimen Fernando Valente

 

Bola.com, Malang - Beberapa eksperimen sempat dilakukan Fernando Valente terhadap Arema FC di BRI Liga 1 musim ini. Namun, setelah Singo Edan ditangani oleh Widodo Cahyono Putro, eksperimen ini perlahan dihentikan.

Fernando Valente memang melakukan beberapa eksperimen saat menangani Arema FC. Satu di antaranya mengubah posisi dua gelandang asing menjadi stoper yang dilakukan Julian Guevara dan Charles Raphael Almeida.

Namun, kini Widodo C Putro mengembalikan pemain-pemain itu ke posisi aslinya.

"Memang ada beberapa posisi yang mungkin saya kembalikan. Saya sudah tahu kualitas para pemain di dalam tim ini," ujar mantan pelatih Deltras Sidoarjo itu.

 

2 dari 4 halaman

Ada yang Kembali ke Posisi Awal, Ada yang Tetap

 

Jika melihat sesi latihan Arema FC, Julian Guevara sudah dikembalikan posisinya menjadi gelandang. Pemain asal Kolombia itu memiliki kemampuan untuk mengatur ritme permainan tim.

Selain itu, striker Charles Lokolingoy ditempatkan sebagai targetman. Pemain asal Australia itu sebelumnya lebih banyak diposisikan sebagai winger.

"Kami juga sudah diskusi dengan staf kepelatihan. Jadi ada beberapa pemain yang harus berfungsi di posisi aslinya," jelas Widodo.

Namun, ada juga eksperimen yang masih dilakukan sampai saat ini, seperti Achmad Maulana yang kini menjadi bek kanan. Padahal pemain asal Bandung itu berposisi sebagai gelandang bertahan.

Sepertinya, sampai saat ini Achmad lebih berkembang di posisi tersebut sehingga dia masih bertahan sebagai bek kanan.

3 dari 4 halaman

Memahami Kualitas Pemain

 

Meski baru hitungan hari melatih Arema FC, Widodo C Putro mengaku sudah memahami kualitas semua pemain. Maklum, dia sudah melihat para pemain Arema FC ini ketika masih menangani tim Liga 1, seperti Bali United, Persita Tangerang, dan Bhayangkara FC.

"Sebenarnya, materi pemain Arema FC tidak banyak berubah. Tim ini sudah jadi, dan saya tahu dari dulu kualitas pemain Arema FC, seperti Dendi Santoso, Ahmad Alfarizi, Dedik Setiawan, dan lainnya. Mereka memiliki kemampuan yang bagus," ujar Widodo.

Melihat komposisi saat ini, Widodo merasa tidak perlu banyak melakukan eksperimen. Apalagi Arema FC hanya menyisakan 10 pertandignan lagi pada musim ini. Sangat riskan jika masih coba-coba menurunkan pemain di posisi berbeda.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer