Sukses


4 Modal Persebaya untuk melawan Persita di BRI Liga 1: Asah Mental, Fisik dan Pemain Pelapis

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menunjukkan perkembangan yang semakin positif. Teranyar, mereka berhasil menang 5-0 atas Raka FC dalam uji coba di Stadion Gelora 10 November, Jumat (16/2/2024).

Kemenangan ini sebenarnya bukan hal yang istimewa melihat tim lawannya. Raka FC merupakan tim asal Bangkalan yang berisikan para mantan pemain Liga 2.

Tapi, hasil ini jadi modal penting Persebaya untuk menghadapi laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024. Mereka dijadwalkan melawat ke markas Persita Tangerang di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (23/2/2024).

Persebaya sendiri dalam kepercayaan diri tinggi dengan tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir. Bandingkan Persita Tangerang yang menelan kekalahan dalam dua laga terakhir.

Pendekar Cisadane takluk saat melawan Bhayangkara FC dan PSM Makassar. Malah, Persita jadi lumbung gol dengan ditekuk 0-3 dan 0-4.

Makanya, keberhasilan Persebaya Surabaya menang atas Raka FC jadi modal positif mereka menghadapi Persita. Bola.com telah merangkum fakta-fakta hasil uji coba tersebut. Simak ulasannya:

2 dari 5 halaman

Performa Pemain Pelapis

Hasil pertandingan itu cukup apik mengingat Persebaya memainkan pemain pelapis. Sebut saja, Aditya Arya, Riswan Lauhin, Wildan Ramdhani, Roy Ivansyah, Kadek Raditya, Alfan Suaib, Chandra Waskito, Oktafianus Fernando, Toni Firmansyah, hingga Mikael Tata.

Nama-nama itu selama ini lebih banyak menghuni bangku cadangan. Laga uji coba itu juga diperuntukkan bagi mereka demi terus mendapat menit bermain.

Dalam laga tersebut, striker Wildan Ramdhani sukses mencetak hattrick (55’, 67’, dan 85’-pen) dalam pertandingan ini. Sedangkan dua gol lainnya disumbang oleh Alfan Suaib (11’) dan Chandra Waskito (90’).

 

3 dari 5 halaman

Asah Mental dan Fisik

Paul Munster tidak ingin jeda kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 membuat para pemainnya bersantai. Dia bahkan tetap mengagendakan latihan saat libur Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu.

Ambisi Munster untuk membuat Persebaya tetap dalam jalur kemenangan terlihat selama latihan. Dia menyiapkan fisik dan mental para pemainnya, terutama saat laga uji coba kontra Raka FC.

Persebaya sendiri akan meloni dua pertandingan tandang dengan jarak yang tidak dekat. Dua lawatan itu bakal berlangsung di markas Persita Tangerang (23/2/2024) dan PSM Makassar (28/2/2024).

Tugas berat menanti karena jarak laga tandang itu tidak dekat. Persebaya harus bertanding ke Tangerang di Indomilk Arena sebelum akhirnya berangkat ke Balikpapan menghadapi PSM di Stadion Batakan.

Persebaya tidak bisa menempuh jalur darat untuk melakoni dua pertandingan tersebut. Setelah dari Tangerang, mereka akan ke Kalimantan yang tentunya perlu menggunakan pesawat untuk mencapainya.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Inti Tetap Berlatih

Persebaya membagi dua kelompok dalam skuatnya untuk memudahkan agenda tim. Kelompok pertama menjalani latihan di pusat kebugaran, lalu kelompok kedua melakoni pertandingan uji coba.

Kelompok pertama berisikan para pemain yang selama ini secara reguler mendapat menit bermain di BRI Liga 1 2023/2024. Sedangkan kelompok kedua adalah para pemain pelapis yang membutuhkan menit bermain sehingga harus bertanding di uji coba.

Jadi saat pemain pelapis bertanding, para pemain inti tetap berlatih untuk menjaga kebugaran. Pemain inti itu juga datang menyaksikan laga uji coba.

Skuat utama Persebaya tentu saja berisikan para pemain asing, yakni Paulo Henrique, Bruno Moreira, Robson Duarte, Dusan Stevanovic, dan Yan Victor. Lalu, masih ada Catur Pamungkas, Andre Oktaviansyah, dan Muhammad Hidayat di sana.

Deretan para pemain inti semakin kompak dalam memeragakan permainan yang diinginkan oleh Paul Munster. Bukan tak mungkin, mereka nanti kembali mengincar pesta gol di markas Persita seperti yang terjadi musim lalu pada 18 Januari 2023.    

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer