Sukses


Bocoran Rotasi Pemain Persebaya untuk Hadapi Persita, Optimistis Bakal Efektif?

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akan menghadapi momen yang tidak mudah di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Bajul Ijo itu dijadwalkan melakoni dua laga tandang beruntun pada pekan ke-25 dan 26.

Dua lawatan itu bakal berlangsung di markas Persita Tangerang (23/2/2024) dan PSM Makassar (28/2/2024). Dalam dua laga sebelumnya, Persebaya Surabaya tidak kalah.

Dalam dua pertandingan itu, Persebaya bermain imbang 1-1 dengan PSIS Semarang dan menang 1-0 atas Bhayangkara FC (4/2/2024).

Persebaya Surabaya memperlihatkan perkembangan yang semakin positif. Teranyar, mereka berhasil menang 5-0 atas Raka FC dalam laga uji coba di Stadion Gelora 10 November, Jumat (16/2/2024).

Kemenangan ini sebenarnya bukan hal yang istimewa melihat tim lawannya. Raka FC merupakan tim asal Bangkalan yang berisikan beberapa mantan pemain Liga 2.

Namun, hasil ini menjadi modal penting bagi Persebaya untuk menghadapi laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024. Mereka dijadwalkan melawat ke markas Persita Tangerang di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (23/2/2024).

Sesuai target, tim asal Kota Pahlawan itu masih mengincar trofi juara BRI Liga 1 musim ini. Hanya saja, jalannya tidak akan mudah mengingat Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 laga.

Untuk bisa menjadi kampiun, Persebaya wajib masuk empat besar dulu sebelum tampil di Championship Series. Posisi keempat klasemen sementara kini dihuni oleh Bali United yang sudah mengoleksi 41 poin.

Dengan 10 laga tersisa, kans Persebaya masih terbuka lebar, syaratnya tentu harus lebih banyak meraih kemenangan. Selain itu, ada hasil pertandingan tim lain yang akan berpengaruh.

Bola.com mengulas bocoran rotasi pemain Persebaya Surabaya untuk melawat ke markas Persita. Simak ulasan berikut:

2 dari 6 halaman

Kiper

Persebaya Surabaya kemungkinan masih belum bisa memainkan kiper Ernando Ari Sutaryadi yang masih cedera bahu. Ada kans bagi kiper kelapis Andhika Ramadhani untuk unjuk kemampuan saat melawan Persita nanti.

Total, Andhika sudah tampil dalam 35 pertandingan sejak masuk skuat senior Persebaya mulai 2021. Dia juga terbiasa menghadapi tim-tim besar dengan kemampuan apiknya di bawah mistar Bajul Ijo.

Musim ini saja, kiper asli Surabaya itu sudah tampil dalam 12 laga dengan hanya kebobolan 10 gol dan membukukan empat clean sheet. Itu adalah catatan yang sangat apik untuk seorang kiper pelapis.

3 dari 6 halaman

Lini Pertahanan

Rotasi pemain belakang tampaknya tidak banyak dilakukan oleh Persebaya Surabaya. Hanya bek kiri sekaligus kapten Reva Adi Utama saja yang harus absen karena menerima kartu merah di laga sebelumnya.

Sebagai pengganti, ada Mikael Alfredo Tata, bek kiri pinjaman dari Arema yang sudah bergabung Bajul Ijo sejak memasuki putaran kedua. Sejauh ini, bek berusia 19 tahun itu sudah tampil dalam dua laga yang semuanya berakhir imbang 1-1.

Penampilan pertama terjadi saat Reva harus absen melawan Persis Solo (13/12/2024). Kemudian, Tata tampil sebagai pengganti Reva yang cedera saat pertandingan berlangsung kontra Persikabo 1973 (17/12/2024).

Sedangkan tiga posisi bek lainnya kemungkinan tetap akan diisi oleh nama-nama yang sudah terbiasa masuk skuat utama. Mereka adalah Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, dan Yan Victor.

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Persebaya Surabaya juga masih belum bisa memainkan gelandang asing asal Singapura, Song Ui-young. Sejauh ini, pihak klub menyebutkan bahwa Song mengalami cedera dan belum terlihat hadir dalam latihan tim lagi.

Dalam dua pertandingan terakhir, Bajul Ijo lebih memilih untuk mengandalkan pemain lokal di lini tengah. Mereka adalah Muhammad Hidayat, Ripal Wahyudi, dan Andre Oktaviansyah.

Tiga nama ini mampu tampil apik dalam mengalirkan bola di ke lini depan. Hanya saja, beberapa kali mereka tetap masih kesulitan menemukan celah untuk mengirim umpan untuk para pemain depan.

5 dari 6 halaman

Lini Serang

Komposisi para pemain depan Persebaya Surabaya juga tampaknya tidak mengalami rotasi. Trisula lini depan tetap akan dihuni oleh pemain asing, yakni Bruno Moreira, Paulo Henrique, dan Robson Duarte.

Pergerakan ketiganya dalam melancarkan serangan tentu sangat diandalkan Persebaya. Bruno dan Robson adalah dua winger lincah yang mampu mengolah bola.

Sedangkan Paulo Henrique sudah menemukan kepercayaan diri setelah mencetak dua gol.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer