Sukses


Deretan Bintang Muda Borneo FC yang Terancam Tak Dilepas Klubnya buat Tampil di Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Jakarta - Harapan agar Timnas Indonesia U-23 bisa tampil dengan komposisi terbaik di Piala Asia U-23 2024 memang agak sulit terwujud. Bukan hanya Persija Jakarta yang enggan melepas pemainnya, kini Borneo FC yang tengah berada di puncak klasemen BRI Liga 1 pun mengungkapkan hal serupa.

Rencananya, Garuda Muda akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 31 Maret hingga 8 April 2024. Pelatih Shin Tae-yong akan membawa 26 pemain untuk bergabung di TC tersebut.

Tapi upaya Shin Tae-yong untuk membawa pemain terbaiknya bisa dibilang cukup sulit. Sebab saat yang bersamaan, BRI Liga 1 2023/2024 masih bergulir dan Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA sehingga klub punya hak untuk tidak melepas pemainnya.

Borneo FC salah satunya. Ada lima pemain klub berjuluk Pesut Etam itu yang bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 yakni Fajar Fathurrahman, Komang Teguh Trisnanda, Hugo Samir, Daffa Fasya dan M Taufany.

Manajer Borneo FC, Dandri Dauri mengatakan pihaknya berat melepas penggawa ke Timnas Indonesia U-23. Sebab Pesut Etam tengah berjuang merebut gelar juara BRI Liga 1. Borneo FC kini menduduki puncak klasemen sementara berbekal 54 poin. Pesut Etam unggul 12 angka dari PSIS Semarang di posisi kedua.

Simak ulasan singkat kiprah kelima penggawa Borneo FC yang mungkin tak ikut membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024 berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Fajar Fathur Rahman

Nama Fajar Fathurrahman menjadi langganan Timnas Indonesia U-23, bahkan sejak ia membela di kelas U-20. Pemain berusia 21 tahun itu menjadi langganan Borneo FC di BRI Liga 1 2023/2024.

Pemain berposisi sebagai bek sayap kanan itu juga punya caps mentereng bersama Timnas Indonesia. Pada SEA Games tahun lalu di Kamboja, ia menjadi tumpuan di sektor kanan dan ikut mempersembahkan medali emas bagi tim Merah-putih.

Sementara di BRI Liga 1 musim ini, Fajar Fathurrahman sudah mengoleksi 23 laga. Kesempatan bermain itu yang membuatnya terus mendapatkan pengalaman.

3 dari 6 halaman

Komang Teguh Trisnanda

Sama seperti Fajar Fathurrahman, Komang Teguh juga mendapatkan kesempatan bermain di Borneo FC dalam mengarungi BRI Liga 1 musim ini. Meski jumlah caps tak sebanyak Fajar, pemain yang berposisi gelandang bertahan itu mengoleksi satu gol dari tujuh penampilan.

Sementara bersama Timnas Indonesia, pemain berusia 21 tahun juga aktif bermain bersama tim U-19, U-22, dan U-23. Komang Teguh juga bersama Fajar ikut mempersembahkan medali emas SEA Games Kamboja tahun lalu.

4 dari 6 halaman

Hugo Samir

Nama berikutnya adalah Hugo Samir, putra dari legenda Persebya, Jacksen F Tiago. Striker potensial yang masih berusia 19 tahun, dan dibekali dengan kecepatan serta naluri mencetak gol.

Hugo Samir tercatat sebagai pemain muda Borneo FC dengan status pinjaman dari Persis Solo musim ini. Namun bicara pengalaman bersama Timnas Indonesia, ia sudah melakukannya pada level U-20.

Ia memiliki 6 caps bersama Timnas Indonesia U-20, termasuk penampilannya pada Piala Asia U-20 tahun lalu di Uzbekistan.

5 dari 6 halaman

Daffa Fasya

Sosok Daffa Fasya digadang-gadang bakal menjadi kiper masa depan Indonesia. Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, ia sudah punya cukup pengalaman.

Meski baru sekali membela Borneo FC di BRI Liga 1 musim ini, Daffa sudah menjadi langganan Timnas Indonesia U-20 dengan 6 caps.

6 dari 6 halaman

Taufany

Senjata muda milik Borneo FC lainnya adalah Taufany Muslihuddin. Pemain berusia 21 tahun yang merupakan anggota Timnas Indonesia U-23.

Berposisi gelandang serang, pemain asal Tenggarong itu sudah enam kali merasakan tampil di BRI Liga 1 musim ini. Ia bermain lima kali saat mempersembahkan Indonesia medali emas di SEA Games tahun lalu.

 

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer