Sukses


BRI Liga 1: Persis Datangkan Jebolan SAD Uruguay sebagai Asisten Pelatih, Jago Bahasa Spanyol Jadi Alasan

Bola.com, Solo - Persis Solo resmi mendatangkan Mokhamad Syaifuddin sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Milomir Seslija. Selain bertugas sebagai asisten, ia juga menjadi penerjemah bahasa.

Munculnya nama Mokhamad Syaifuddin di dunia kepelatihan tentu menjadi hal yang baru. Pasalnya, pada musim ini, lelaki berusia 31 tahun itu masih aktif bermain bersama Gresik United di Liga 2 2023/2024.

Sebagai penerjemah, Syaifuddin bakal memegang peran yang sentral. Sebab, Milomir Seslija membutuhkan bantuan alih bahasa agar komunikasinya dengan pemain-pemain asing Persis bisa berjalan dengan lancar.

Bahasa Spanyol memang lebih banyak digunakan para pemain impor Persis Solo seperti Alexis Messidoro, Moussa Sidibe, Diego Bardanca, hingga David Gonzales. Khusus dua nama yang disebut terakhir, mereka berasal dari Negeri Matador.

“Saya bergabung di sini sebagai asisten dari Coach Milo, yang dikhususkan sebagai penerjemah bahasa Spanyol untuk pemain-pemain asing yang ada di sini,” kata Syaifuddin, Rabu (31/2/2024).

2 dari 4 halaman

Jadi Jembatan Interaksi

Syaifuddin berharap, kehadirannya sebagai asisten pelatih bisa membantu kelancaran interaksi antara pemain dan pelatih. Hal ini sangat penting untuk memastikan pesan yang disampaikan Milo ditangkap secara baik.

“Semoga saya bisa membantu pesan yang ingin disampaikan kepada pemain-pemain asing dari Coach Milo agar lebih maksimal lagi, dan juga sebaliknya,” ujar lelaki kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu.

“Jika pemain ingin bertanya atau berinteraksi dengan Coach Milo, akan saya sampaikan. Semoga peran saya di sini dapat memaksimalkan strategi yang ingin diterapkan oleh Coach Milo kepada pemain-pemain asing Persis,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Kuasai Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol yang dikuasai oleh Mokhamad Syaifuddin memang dapat dilacak sejak dia berusia muda. Pasalnya, lelaki kelahiran 9 Agustus 1992 itu pernah menimba ilmu bersama program SAD Indonesia di Uruguay.

Syaifuddin merupakan salah satu pemain yang termasuk angkatan pertama. Ketika itu, dia berangkat ke Uruguay bersama pemain-pemain seperti Alfin Tuasalamony, Syamsir Alam, Rizky Pellu, Novri Setiawan, dan lain-lain.

Kemampuan berbahasa Spanyol ini juga semakin terasah karena Syaifuddin pernah menjalani masa pinjaman bersama klub asal Chile, yakni Universidad de Concepción U-20 selama periode 2011-2012.

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer