Sukses


Prediksi BRI Liga 1 Persita Vs Persebaya: Awas Jadi Lumbung Gol Lagi!

Bola.com, Jakarta - Persita Tangerang bakal menghadapi tantangan yang tidak mudah di pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024. Mereka harus menjamu Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (23/2/2024) sore.

Tim tuan rumah tidak memiliki modal yang apik untuk melakoni laga ini. Persita jadi lumbung gol dalam dua pertandingan terakhir yang semuanya dilakoni di markas lawan.

Sempat kalah 0-3 dari Bhayangkara FC (17/12/2023), Pendekar Cisadane babak belur 0-4 kontra PSM Makassar (4/2/2024). Padahal, Persita saat ini sedang berupaya keras untuk bangkit di bawah kendali pelatih Divaldo Alves.

Mereka baru mengoleksi 26 poin dari 24 laga dan menghuni posisi ke-15 klasemen sementara, atau hanya satu strip di atas zona degradasi. Pelatih Divaldo Alves menyadari tantangan berat yang akan dihadapi timnya.

“Ada banyak hal positif dan negatif, namun kami sudah evaluasi dan ingin memperbaiki untuk pertandingan berikutnya. Saya terus fokus membangun mental pemain dan juga taktikal, karena dengan jeda tiga minggu kami sadar bahwa semuanya harus kembali dilatih agar pemain terbiasa,” kata Divaldo Alves.

2 dari 6 halaman

Laga Sengit

Pelatih asal Portugal itu baru bergabung Persita pada 12 September 2023 atau saat akan memasuki pekan ke-14 Liga 1 musim ini. Saat itu, Pendekar Cisadane berada di peringkat ke-15, posisi yang sama dengan saat ini.

Divaldo Alves sudah menemani Persita dalam 11 pertandingan. Hasilnya tak terlalu bagus dengan meraih tiga menang, tiga seri, dan lima kekalahan. Nah, ada fakta menarik soal lima kekalahan yang dialami Divaldo Alves itu.

Dalam lima kekalahan itu, Persita tak pernah mencetak gol, bahkan selalu menjadi lumbung gol bagi tim lawan. Itu dimulai saat mereka kalah 0-5 dari Persib Bandung (1/10/2024).

Berikutnya, Persita takluk 0-3 dari Bali United (30/10/2024) dan 0-4 kontra PSIS Semarang (9/11/2024). Dua pertandingan lainnya tentu saja saat terkapar juga melawan Bhayangkara dan PSM seperti disebut di atas.

Persita tampaknya kesulitan untuk menemukan konsistensi di musim ini. Posisi mereka rawan degradasi. Tapi, Divaldo Alves tetap percaya timnya akan bangkit.

“Tidak ada yang bisa meramal masa depan, yang pasti pertandingan melawan Persebaya Surabaya adalah laga final bagi kami. Dan, tentu ada target yang ingin kami capai di 10 pertandingan terakhir,” ucapnya.

“Saya percaya kerja keras dari para pemain dan juga manajemen klub yang selalu mendukung tim ini dengan motivasi tinggi. Itu tentu hal yang positif bagi sebuah tim,” imbuh pelatih berusia 45 tahun itu.

3 dari 6 halaman

Dominasi Persebaya

Sialnya, lawan yang akan dihadapi Persita kali ini adalah tim yang punya rekor sangat fantastis. Persebaya punya dominasi kuat atas Persita. 

Kedua tim tercatat bertemu sebanyak lima kali sejak era Liga 1. Namun, Persita ternyata belum pernah mengalahkan Persebaya.

Bahkan Pendekar Cisadane baru mencetak satu gol ke gawang Bajul Ijo dalam lima laga itu. Malah, Persebaya total sudah mencetak 13 gol ke gawang Persita hanya dalam lima pertandingan Liga 1.

Pertemuan pertama berakhir kekalahan dengan skor besar di Liga 1 2021/2022. Persita babak belur dihajar 0-4 oleh Persebaya pada 24 November 2021.

Satu-satunya hasil pertandingan yang gagal dimenangkan Persebaya adalah hasil seri dengan skor 1-1 pada 6 Maret 2022. Itu juga jadi satu-satunya keberhasilan Persita mencetak gol ke gawang Persebaya.

Memasuki Liga 1 2022/2023, Persebaya meneruskan dominasi atas Persita. Baru memasuki pekan kedua, Bajul Ijo unggul dua gol tanpa balas alias 2-0 pada 1 Agustus 2022. Rekor itu berlanjut di musim yang sama.

Persebaya secara mengejutkan mempecundangi Persita dengan skor 5-0 pada 18 Januari 2023. Menariknya, duel itu berlangsung di hadapan suporter Persita sendiri di Indomilk Arena, Tangerang.

4 dari 6 halaman

Siapkan Taktik

Tiga kemenangan dengan skor mencolok itu sudah menegaskan dominasi kuat Bajul Ijo. Apalagi, skornya selalu menunjukkan bahwa Persita tidak mampu membalas gol saat kalah melawan Persebaya.

Teranyar, Persebaya masih bisa menang juga melawan Persita di putaran pertama Liga 1 musim ini. Kali ini skornya tipis 1-0 (12/8/2023). Hasil laga itu meneruskan rekor kemenangan tanpa kebobolan bagi Persebaya meski cukup mencetak satu gol.

Situasi terkini dan catatan pertemuan itu membuat Persebaya jauh lebih diunggulkan. Namun, pelatih Paul Munster menolak anggapan itu.

“Saya tahu Persita bagus di kandang sendiri. Jadi saya yakin mereka akan menyiapkan taktik, sama halnya dengan kami. Anda harus ingat juga sekarang Persita akan menjadi tuan rumah dan mereka jauh lebih kuat di kandang daripada saat tandang. Jadi kami tidak bisa meremehkan mereka,” ujarnya.

 

5 dari 6 halaman

Persebaya Yakin

Paul Munster berusaha menyiapkan timnya sebaik mungkin selama masa persiapan lawatan ke Tangerang. Persebaya sendiri dalam kepercayaan diri tinggi karena tak terkalahkan dalam enam laga terakhir.

Di bawah arahan pelatih Paul Munster, Bajul Ijo juga tidak kalah dengan hasil masing-masing satu menang dan seri. Mereka pertama ditahan imbang 1-1 oleh PSIS Semarang (30/1/2024), tapi kemudian sukses menang 1-0 atas Bhayangkara FC (4/2/2024).

Paul Munster masih terus mengarahkan anak asuhnya untuk lebih efektif di depan gawang dan mencetak lebih banyak gol.

“Ekspektasinya tinggi. Saya berharap kami bisa mencetak lebih banyak gol. Tapi yang juga penting, clean sheet. Kami bertahan sebagai tim dan tidak kebobolan,” ujar pelatih berpaspor Irlandia Utara itu.

Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 pertandingan. Mereka juga masih berusaha untuk terus mendapat pundi-pundi kemenangan demi mencapai target empat besar.

6 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain:

  • Persita Tangerang (4-3-3): Rendy Oscario (kiper); Muhammad Toha, Javlon Guseynov, Christian Rontini, Mario Jardel (belakang); Bae Sin-yeong, Cakra Yudha, Rifky Dwi Septiawan (tengah); Esal Sahrul, Ramiro Fergonzi, Mohcine Nader (depan)
  • Pelatih: Divaldo Alves (Portugal)
  • Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Catur Pamungkas, Yan Victor, Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Ripal Wahyudi, Andre Oktaviansyah (tengah); Robson Duarte, Paulo Henrique, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Prediksi Bola.com: 50:50

Live: Indosiar

Pukul: 15.00 WIB

Tempat: Indomilk Arena, Tangerang    

Video Populer

Foto Populer