Sukses


Fakta-Fakta Menarik Gol Sonny Stevens: Kiper Ketiga yang Nyekor di Liga Indonesia, Pertama dalam Kariernya

Bola.com, Magelang - Kesuksesan penjaga gawang Dewa United, Sonny Stevens, menjebol gawang PSIS Semarang pada pertandingan pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024 menjadi catatan sejarah tersendiri.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (23/2/2024) malam WIB, Sonny Stevens menjadi pahlawan yang menyelamatkan Dewa United dari jurang kekalahan.

Tim tuan rumah berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Paulo Gali Freitas (16’). Setelah berjuang sepanjang laga, upaya Tim Tangsel Warriors akhirnya membuahkan hasil.

Saat laga memasuki injury time, eksekusi sepak pojok Egy Maulana Vikri berhasil disambut dengan sundulan Sonny Stevens. Bola pun melesat mulus masuk ke gawang PSIS Semarang, dan membawa Dewa United bermain imbang 1-1.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pertama Sepanjang Kariernya

Jika melihat rekam jejak Sonny Stevens sepanjang kariernya, gol yang dicetak ke gawang PSIS Semarang menjadi sejarah baru. Bagi Stevens, ini adalah gol pertamanya sejak memulai karier di level profesional pada 2010.

Sebelumnya, pemain kelahiran Hoorn, Belanda, itu belum pernah sama sekali menjebol gawang lawan. Dia tak pernah melakukannya, baik saat berkarier di kasta tertinggi maupun level kedua di Liga Belanda.

Tentu saja, gol ini terasa sangat spesial bagi pemain berpostur 194 cm itu. Selain bisa mengukir sejarah baru dalam perjalanan kariernya, Sonny juga bisa menyelamatkan Dewa United dari kekalahan.

 

3 dari 5 halaman

Gol Ketiga di Indonesia

Aksi Sonny Stevens memang masuk dalam kategori langka. Jika menilik ulang pada rekaman sejarah sepak bola Indonesia, tak ada banyak penjaga gawang yang bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Gol ini menjadi yang ketiga di kompetisi. Sebelumnya, sudah ada dua kiper yang telah lebih dahulu melakukannya di Liga Indonesia. Yang paling anyar tentu ialah gol kiper Persipa Pati, Ihsan Ramadani.

Ketika itu, Ihsan menjebol gawang Persipur Purwodadi pada ajang Liga 3 2019 Zona Jawa Tengah. Jauh sebelum itu, kiper Persipura Jayapura, Silas Ohee, pernah mencetak gol ketika menghadapi Deltras Sidoarjo di Liga Indonesia 2001.

 

4 dari 5 halaman

Pertama di Era Liga 1

Dengan demikian, Sonny Stevens sukses mengukir namanya sebagai kiper pertama yang berhasil mencetak gol di era Liga 1. Sebelumnya, yang paling unik ialah ketika kiper mencetak assist.

Aksi-aksi semacam ini pernah dilakukan Shahar Ginanjar yang memperkuat PSM Makassar pada era Liga 1 2018. Pada musim yang sama, ada Miswar Saputra yang melakukannya untuk Persebaya Surabaya.

Torehan serupa juga pernah dibuat Wawan Hendrawan ketika memperkuat Bali United di Liga 1 2019, dan yang paling anyar diciptakan Dikri Yusron bersama Persik kediri di BRI Liga 1 2023/2024.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer