Sukses


3 Catatan Menarik Duel Semen Padang Vs Malut United di Semifinal Pegadaian Liga 2: Kembalinya Kabau Sirah ke Liga 1

Bola.com, Padang - Perjuangan Semen Padang terbayar tuntas. Setelah lima tahun, tim berjulukan kabau Sirah itu kembali ke kasta tertinggi Liga Indonesia.

Semen Padang berhasil promosi ke Liga 1 pada musim depan setelah lolos ke babak final Pegadaian Liga 2 2023/2024 berkat mengalahkan Malut United dengan agregat 2-1.

Dalam leg ledua semifinal Pegadaian Liga 2 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, pada Kamis (29/2/2024) sore WIB, Semen Padang menaklukkan Malut United 1-0 lewat gol tunggal Ahmad Ihwan pada menit ke-23.

Sebelumnya, Semen Padang dan Malut United bermain imbang 1-1 dalam peetemuan pertama semifinal Liga 2 di Stadion Madya, Jakarta Pusat, pada 25 Februari 2024.

Apa saja catatan yang menarik ketika Semen Padang membungkam Malut United untuk merebut tiket ke Liga 1? Berikut Bola.com merangkum tiga di antaranya.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Menanti Sejak 2019

Semen Padang sebenarnya tim sarat sejarah di Liga Indonesia. Kabau Sirah pernah menggondol gelar juara pada 2011/2012 ketika kompetisi bernama Indonesia Premier League.

Selain itu, Semen Padang juga pernah keluar sebagai kampiun Galatama pada 1992. Kabau Sirah turut dua kali mewakili Indonesia di turnamen antarklub Asia pada 1993/1994 di Asian Cup Winners dan 2013 di Piala AFC.

Namun, pada Liga 1 2019, Semen Padang harus terdegradasi ke Pegadaian Liga 2 karena mengakhiri musim di peringkat ke-17. Tetapi mulai musim depan, klub kebanggaan warga Minang ini akan kembali berkancah ke kasta teratas Liga Indonesia.

3 dari 5 halaman

No Kenneth Ngwoke, No Problem

Semen Padang harus kehilangan pemain tersuburnya, Kenneth Ngwoke, sepanjang semifinal Pegadaian Liga 2. Bomber asal Nigeria itu menderita cedera lutut yang membuatnya mesti menepi selama beberapa waktu.

Setelah absen dalam leg pertama semifinal Pegadaian Liga 2, Kenneth Ngwoke kembali tidak bermain untuk Semen Padang pada pertemuan kedua kontra Malut United.

Namun, hilangnya Kenneth Ngwoke dari skuad tidak menjadi masalah untuk Semen Padang. Ahmad Ihwan bisa menggantikan penyerang berusia 30 tahun itu dengan mengukir gol kemenangan bagi Kabau Sirah.

4 dari 5 halaman

Pitch Invasion

Dari siaran langsung yang ditayangkan Indosiar, puluhan suporter Semen Padang melakukan pitch invasion atau menyerbu ke lapangan begitu wasit Muhammad Iqballuddin meniup peluit panjang.

Militan Kabau Sirah itu menghampiri pemain Semen Padang satu per satu. Para pendukung terlarut dalam euforia keberhasilan Ahmad Ihwan dkk. naik kasta ke Liga 1 untuk musim 2024/2025.

Namun, kurang lengkap rasanya jika Semen Padang tidak menjuarai Pegadaian Liga 2. Demi melengkapi kebahagiaan fans, Kabau Sirah harus mengalahkan PSBS Biak dalam partai puncak pada 5 dan 9 Maret 2024.

5 dari 5 halaman

Persaingan Menuju Kasta Tertinggi

Pegadaian Liga 2 2023/2024 sudah masuk fase semifinal. Tiga dari total empat tim yang mentas di semifinal ini akan lolos ke BRI Liga 1 musim depan. 

"Perhelatan Pegadaian Liga 2 ini diharapkan bisa menjadi ajang Mengemaskan Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, tahun 2045 merupakan ulang tahun ke-100 Republik Indonesia. Pada usia emas ini, Pegadaian menargetkan semua keluarga Indonesia mempunyai tabungan emas. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pegadaian terus melakukan edukasi dan literasi pentingnya menabung atau investasi emas kepada masyarakat. Terlebih lagi, Tabungan Emas Pegadaian adalah instrumen investasi yang sangat mudah untuk dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Hanya dengan Rp 10.000,- saja, masyarakat sudah bisa memiliki Tabungan Emas di Pegadaian. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di sini."

Video Populer

Foto Populer