Sukses


BRI Liga 1: Paul Munster Puji Gol Penalti Panenka Bruno Moreira saat Persebaya Vs PSS, Kalau Gagal Baru Masalah

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menciptakan momen menarik saat menang 2-1 atas PSS Sleman. Lahir penalti panenka dalam laga pekan ke-27 BRI Liga 1 2023/2024 itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/3/2024).

Bajul Ijo unggul dulu lewat gol Muhammad Iqbal saat laga belum genap semenit. Nah, gol kedua Persebaya Surabaya tercipta lewat titik putih.

Penalti itu berawal dari striker Paulo Henrique yang dijatuhkan kiper Anthony Pinthus di kotak terlarang pada menit ke-29. Wasit meniup peluit tanda penalti.

Winger Persebaya Surabaya, Bruno Moreira, kemudian maju sebagai eksekutor. Pemain asal Brasil itu mencetak gol penalti mengejutkan di menit ke-30, yakni dengan cara panenka.

Penalti panenka sudah jamak dilakukan di Eropa. Caranya adalah dengan melepas tembakan pelan ke tengah gawang.

Anthony Pinthus yang jadi kiper PSS Sleman terkecoh oleh tembakan Bruno Moreira dengan bergerak ke kiri sambil melihat bola meluncur pelan menggetarkan jala gawangnya.

2 dari 4 halaman

Pujian Munster untuk Bruno

Panenka seperti ini sangat jarang terjadi di Indonesia sebab memiliki risiko kegagalan yang besar apabila kiper sigap. Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, mengirim pujian untuk Bruno yang berani mengambil keputusan itu.

“Bagi saya, penalti itu adalah gol yang bagus. Namun, jika Anda melakukan panenka dan gagal, Anda akan mendapat masalah besar dengan saya,” kata Paul Munster diiringi dengan tawa.

“Namun, dia mempunyai keyakinan. Dia tipe pemain seperti itu. Bagi saya, apa pun jenis penaltinya, yang terpenting adalah golnya,” imbuh pelatih berpaspor Irlandia Utara tersebut.

3 dari 4 halaman

Kembali Mencetak Angka

Menariknya, gol ini membuat Bruno Moreira akhirnya kembali mencetak gol untuk Persebaya Surabaya. Ya, ini jadi kali pertama pemain berusia 24 tahun itu mencetak lagi berada di bawah arahan pelatih Paul Munster per 4 Januari 2024.

Sebelumnya, Bruno Moreira sempat membukukan sembilan gol dan tiga assist dalam 24 pertandingan. Sayangnya, winger berpaspor Brasil itu sempat seret produktivitas gol dengan absen mencetak gol dalam lima laga membela Persebaya.

Setelah paceklik gol, Bruno menunjukkan kualitasnya lagi sebagai penyerang andal. Penalti ini membuatnya “berbuka puasa” dengan cara yang unik dan penuh risiko, yakni penalti panenka.

Kini, dia mencatatkan 10 gol dan tiga assist dalam 25 pertandingan. Pemain bernomor punggung 99 itu pun menjadi pencetak gol terbanyak Persebaya musim ini.

Berkat gol Bruno Moreira, Persebaya kini berhasil naik peringkat di klasemen sementara. Bajul Ijo menduduki peringkat kesembilan dengan 35 poin dalam 27 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer