Sukses


Termasuk Ramadhan Sananta, Deretan Pemain Andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia yang Gagal Bersinar di Bawah Polesan Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia belum lama ini berkiprah di ajang Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar. Hasilnya cukup impresif, untuk pertama kalinya tim Merah-Putih melaju ke babak 16 besar sepanjang sejarahnya.

Turnamen berkelas lainnya sudah menanti yakni di ajang Piala Asia U-23 2024. Qatar kembali menjadi tuan rumahnya yang bergulir pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Di ajang nanti, giliran Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga. Sementara Timnas Indonesia senior akan berkiprah pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan dua kali berjumpa Vietnam akhir bulan ini.

Terdapat ulasan menarik mengenai komposisi pemain yang mungkin akan digunakan pelatih Shin Tae-yong selama di Piala Asia U-23 2024 nanti. Yakni sejumlah pemain yang kurang bersinar di tangannya, namun justru moncer bersama Indra Sjafri seperti pada ajang SEA Games tahun lalu di Kamboja.

Berikut ini nama-nama pemain yang moncer bersama Indra Sjafri, namun kurang menggigit di tangan Shin Tae-yong.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Fajar Fathur Rahman

Winger Borneo FC ini merupakan mesin gol Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri di SEA Games 2023. Saat itu, pesepak bola berusia 21 tahun ini keluar sebagai top scorer kejuaraan dengan lima gol.

Sayangnya, tenaga eks pemain Timnas Indonesia U-16 tak kunjung digunakan Shin Tae-yong di tim senior. Pelatih 53 tahun ini lebih memilih memanggil Witan Sulaeman, pemain yang gagal mencetak gol di SEA Games 2023.

Problem lainnya adalah Fajar Fathur Rahman masih belum dilepas oleh klubnya Borneo FC di BRI Liga 1. Ia akan menjadi salah satu senjata mematikan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 mendatang jika akhirnya ikut bergabung.

Di BRI Liga 1 musim ini, Fajar Fathur Rahman menjadi pemain yang sulit tergantikan dengan torehan tiga assist dari 27 penampilan.

3 dari 6 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa merupakan bek sayap kanan andalan milik Barito Putera yang juga ikut membantu skuad Garuda Muda juara SEA Games 2023.

Namun, pemain 22 tahun ini gagal menembus persaingan di Timnas Indonesia senior. Sebab, di sana bercokol pemain-pemain top macam Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam.

Atau masih ada nama Yakob Sayuri yang sering beroperasi di sektor kanan Timnas Indonesia. Bagas Kaffa bisa menambah keuatan Timnas Indonesia U-23 selama di Qatar mendatang.

Bagas Kaffa menjadi pemain inti Barito Putera di BRI Liga 1 musim ini, dengan 19 kali bermain dan menyumbang dua gol serta dua assist.

4 dari 6 halaman

Ananda Raehan

Nama selanjutnya ada Ananda Raehan. Gelandang PSM Makassar ini merupakan metronom permainan Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri.

Namun, kualitas Ananda Raehan tidak dilirik Shin Tae-yong, mengingat di lini tengah Timnas Indonesia ada nama-nama beken seperti Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan.

Pemain berusia 20 tahun ini punya caps 18 kali dengan satu assist bersama PSM di BRI Liga 1 musim ini.

5 dari 6 halaman

Alfeandra Dewangga

Dewangga merupakan pemain andalan Shin Tae-yong pada 2021-2022. Selepas babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022, Dewangga dikesampingkan Shin Tae-yong

Padahal, kemampuan Dewangga yang dapat bermain di banyak posisi bisa diandalkan Shin Tae-yong. Selain mentas sebagai bek tengah, pemain 22 tahun ini dapat bermain sebagai fullback kiri dan gelandang bertahan.

Alfeandra Dewangga tak masuk skuad Timnas Indonesia di Piala Asia kemarin. Namun ia masih menjadi tumpuan di lini tengah PSIS Semarang musim ini, dengan torehan dua gol dari 21 penampilan.

6 dari 6 halaman

Ramadhan Sananta

Nama terakhir dalam daftar ini adalah penyerang 21 tahun milik Persis Solo, Ramadhan Sananta. Ia merupakan top scorer SEA Games 2023

Hanya saja di Timnas Indonesia senior, tenaga Ramadhan Sananta kurang dimaksimalkan Shin Tae-yong. Ia berstatus pelapis dari Rafael Struick, Hokky Caraka dan Dimas Drajad.

Bahkan karena problem kebugaran, Sananta gagal punya caps di Piala Asia 2023 kemarin. Sementara di BRI Liga 1, nalurinya mencetak gol masih cukup tinggi. Sananta mengoleksi delapan gol dari 21 laga di Persis musim ini.

 

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer