Sukses


5 Kapten Timnas Indonesia Paling Berkarakter: Bukan Hanya Soal Gelar Juara

Bola.com, Jakarta - Selalu ada cerita yang menghiasi Timnas Indonesia dari masa ke masa. Entah itu keberhasilan Tim Garuda pertama kali berlaga di Piala Dunia atau Olimpiade.

Cerita generasi emas yang hampir lolos ke putaran final Piala Dunia 1986 juga masih selalu menarik dibahas sampai saat ini. Saat itu Bambang Nurdiansyah dan kawan-kawan memang hampir lolos ke Meksiko.

Selain itu, menarik juga untuk membahas kapten-kapten yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Mereka memiliki cerita dan karakter masing-masing yang menarik.

Pada kesempatan kali ini, Bola.com memilih lima kapten Timnas Indonesia yang punya karakter kuat. Mereka tak melulu yang mampu memberikan gelar juara, tetapi membuat pecinta sepak bola Tanah Air selalu tak pernah lupa.

Siapa saja?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam adalah sosok kapten terkini Timnas Indonesia. Asnawi adalah kapten yang muncul dan tumbuh di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Pemain asal Makassar ini sebenarnya tak diberkahi skill yang terlalu spesial. Namun, ia punya tekad dan kerja keras yang luar biasa.

Asnawi Mangkualam selalu memberikan penampilan lebih dari 100 persen, terutama saat ia membela Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas menjadi kapten Timnas Indonesia pada era 2010-2012. Bepe memang tak pernah memberikan gelar bergengsi untuk Tim Garuda sepanjang kariernya.

Namun, karier Bambang Pamungkas tak bisa dilupakan begitu saja. Selama membela Timnas Indonesia, legenda Persija Jakarta itu mencetak 38 gol dari 87 caps untuk Tim Merah Putih.

Karakter Bambang Pamungkas sebagai striker juga sejauh ini masih belum kembali muncul di skuad Timnas Indonesia.

4 dari 6 halaman

Sudirman

Kesempatan Sudirman menjadi kapten Timnas Indonesia cukup singkat, yakni pada 1996. Meski singkat, hal itu dirasa cukup spesial.

Sebab, Sudirman memimpin skuad Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 1996. Diketahui, itu adalah kali pertama Tim Garuda berlaga di Piala Asia.

Sudirman juga seorang bek yang kharismatik. Julukan Jenderal yang melekat padanya tentu bukan isapan jempol belaka.

 
5 dari 6 halaman

Ferryl Raymond Hattu

Timnas Indonesia berjaya di SEA Games 1991. Saat itu Tim Garuda mampu meraih medali emas dalam ajang yang digelar di Manila, Filipina.

Beberapa sosok legendaris ada di tim itu. Satu di antaranya adalah sang kapten, Ferryl Raymond Hattu.

Legenda Persebaya Surabaya dan Niac Mitra itu adalah seorang sweeper klasik yang jempolan. Ferryl juga merupakan pemain yang punya karakter kuat.

6 dari 6 halaman

Ricky Yacob

Sebelum berjaya di SEA Games 1991, Timnas Indonesia lebih dulu berjaya pada SEA Games 1987. Saat itu untuk kali pertama Tim Merah Putih meraih medali emas pada ajang tersebut.

Ricky Yacob adalah kapten Timnas Indonesia yang meraih medali emas ajang SEA Games 1987 yang saat itu digelar di Jakarta.

Ricky Yacob adalah sosok striker yang tajam. Bahkan, ia pernah berkarier di Jepang. Namun, Ricky telah meninggal dunia pada 2020.

Video Populer

Foto Populer